Jabatan Baru Selaku Kapolres Bogor, 8 Inovasi Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy

AKBP Roland Ronaldy Bersama Istri

Jabatan Baru Selaku Kapolres Bogor, 8 Inovasi Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy

MEDIAANDALAS.COM, KOTA CIREBON – Kapolres Cirebon AKBP Roland Ronaldy dimutasi dan akan menjabat Kapolres Bogor. Roland akan digantikan AKBP Syamsul Huda yang sebelumnya menjabat Kanit V Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri.

Selama 1 tahun 10 bulan menjabat, beberapa inovasi dan terobosan bru telah dilakukan Roland khususnya dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya aplikasi Smart Ciko hingga gowes Kamtibmas.

Selengkapnya, berikut 8 inovasi dan terobosan baru Kapolres Ciko AKBP Roland Ronaldy:

Aplikasi Smart Ciko

Aplikasi yang menggunakan sistem operasi android ini merupakan terobosan kreatif yang dapat membantu masyarakat dalam mengakses beberapa pelayanan. Diantaranya yakni panggilan darurat atau help, pelaporan secara online, informasi layanan kepolisian seperti SKCK, SIM, STNK, BPKB dan lainnya, portal berita online polresciko.com, tombol panic button serta kritik dan saran.

Special Response Team (SRT)

SRT dibentuk sebagai tim khusus yang beranggotakan 28 personel untuk menangani berbagai tindak kejahatan serius. Tim ini juga dibentuk untuk mengungkap kejahatan yang meresahkan masyarakat seperti pencurian kendaraan bermotor, begal, dan tindakan kejahatan jalanan serta peredaran dan penyalahgunaan narkotika.

Gunungjati

Program Penanggulangan Kejahatan Sejati atau Gunungjati merupakan program deteksi dini dan antisipasi kerawanan hingga pelosok kampung. Melibatkan gabungan tiga pilar yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pemerintah Desa/Kelurahan setempat.

Cyber Troops

Cyber troops atau pasukan siber dibentuk untuk memantau media sosial dan menekan penyebaran hoax di wilayah hukum Polres Cirebon Kota. Patroli siber dilakukan rutin dan berkelanjutkan. Selain mengantisipasi hoax, cyber troops juga aktif memberikan klarifikasi atau meluruskan berita bohong (hoax).

Cipali

Cirebon Kota Patroli Religi atau Cipali adalah program di bidang keagamaan. Personel Polres Ciko khususnya Satuan Sabhara akan mengunjungi masjid untuk bersama-sama melaksanakan ibadah salat berjamaah. Pesan kamtibmas disampaikan anggota kepada pengurus masjid dan masyarakat untuk dapat bersama-sama aktif menciptakan suasana kondusif di wilayah masing-masing.

Gowes Kamtibmas

Selain berpatroli, kegiatan pemantauan juga dilakukan Polres Ciko melalui kegiatan bersepeda atau gowes. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap Jumat pagi dan momen-momen tertentu.

SIM Online

Untuk memberikan kemudahan masyarakat, Polres Ciko juga meluncurkan program SIM Online, sehingga masyarakat tidak perlu antre dan cukup mengunduh aplikasi Ciko Smart.

SKCK Online

Seperti halnya SIM Online, SKCK Online juga merupakan layanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Pemohon hanya perlu mendaftar dengan mengunggah persyaratan seperti KTP, KK, Akte Kelahiran dan Surat pengantar dari Desa/Kelurahan setempat.

“Upaya kami dalam berinovasi ini tidak lain untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujar Roland Ronaldy, beberapa waktu lalu. [Rls].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.