Inspektorat Way Kanan Terkesan Lamban Dalam Menyikapi Laporan Awak Media Terkait Dugaan Pungli

Inspektorat Way Kanan Terkesan Lamban Dalam Menyikapi Laporan Awak Media Terkait Dugaan Pungli

Inspektorat Way Kanan Terkesan Lamban Dalam Menyikapi Laporan Awak Media Terkait Dugaan Pungli

MEDIAANDALAS.COM, WAY KANAN – Terkait Masalah diduganya pungutan yang dilakukan SDN 01 Bumi Agung, pihak Inspektorat terkesan lamban dalam menyikapi laporan awak media.

Laporan tersebut berkisar sudah 12 hari namun belum juga mendapat penjelasan yang memuaskan dari Inspektorat Kabupaten Way Kanan.

Hal ini disampaikan Wiwin, selaku Tim IRBAN 3″, “LAPORAN MASIH DALAM PROSES PEMANGGILAN,” tutur Wiwin Tim IRBAN 3″, di Sekretariat Inspektorat Kabupaten Way Kanan, Selasa (25/02/20).

Seperti halnya yang dilakukan Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Agung, pasalnya oknum S”, memungut uang senilai Rp. 5000,- (lima ribu rupiah), dan mewajibkan pungutan di dalam setiap muridnya yang beralasan untuk penebusan buku berobat sudah sekitar tiga bulan yang lewat.

Begitu lamanya waktu, akan tetapi murid – murid hanya beberapa saja yg sudah mendapat kan kartu. Hal ini membuat wali murid meminta awak media untuk menyelidiki nya.

Saat di klarifikasi, Kepsek SDN 01 Bumi Agung mengatakan bahwa “Ini sudah kesepakatan pihak sekolah, dan kami sudah MOU.” Ucap Kespsek SDN 01 Bumi Agung (S), Selasa (04/02/20).

Sembari menunjukkan arsip MOU nya
kepada media, oknum Kepsek SDN 01 Bumi Agung, (S) berkata “Ini juga kami lakukan berdasarkan hasil dari keputusan Puskesmas, dan yang membuat perintah ini adalah pihak Puskesmas, uangnya juga kami berikan ke Puskesmas Bumi Agung.” ungkap Kepsek SDN 01 Bumi Agung berinisial (S).
 
Lanjut Kepsek, “Dan yang melakukan Pungli itu bukan sekolahan saya saja, tetapi kami 6 (enam) sekolahan yang melakukan pungutan tersebut.” Tutur Oknum Kepsek SDN 01 Bumi Agung, seakan menunjukkan kebenarannya.

Diduga pungutan tersebut tidak melibatkan musyawarah orang tua murid atau komite, melainkan hanya pihak sekolah saja dan Puskesmas Bumi Agung.

Atas ketidakpuasan akan hal ini maka dua awak media dari Media Karya Nasional, dan Media Andalas menanggapi tentang lambannya Inspektorat dalam memproses laporan awak media, oleh karena itu maka pihak awak media pun akan menyerah kan laporan ini ke DPRD Way Kanan agar dapat di tindak lanjut sebagaimana mestinya sesuai aturan (Permendikbud) yang ada.

Dan jika pula masih tidak ada ketegasan maka DPC LSM LAI Way Kanan, Hifnia A, akan melaporkannya ke Saber Pungli Polres Way Kanan. [Tegor].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.