Implementasi Permendagri Nomor 12 tahun 2019, Kesbangpol KBB Himbau Masyarakat Jauhi Narkoba

Implementasi Permendagri Nomor 12 tahun 2011, Kesbangpol KBB Himbau Masyarakat Jauhi Narkoba
Implementasi Permendagri Nomor 12 tahun 2011, Kesbangpol KBB Himbau Masyarakat Jauhi Narkoba
Implementasi Permendagri Nomor 12 tahun 2011, Kesbangpol KBB Himbau Masyarakat Jauhi Narkoba

MEDIAANDALAS.COM, BANDUNG BARAT – H. Jaja, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Barat, mengimbau kepada masyarakat untuk bekerja sama menjauhi serta menanggulangi masalah narkoba.

“Marilah kita bersama-sama, saling bahu membahu untuk mencegah dan menanggulangi masalah narkoba melalui pola hidup sehat,” katanya dikantornya, Kamis (23/10/20).

Dikatakan Jaja, bahaya dari pemakaian atau kecanduan narkoba akan berdampak pada kematian, kehilangan masa depan, dan hilangnya potensi dalam diri sendiri.

“Pencegahan atau penanggulangan masalah narkoba ini, merupakan implementasi dari Permendagri Nomor 12 tahun 2019,” jelasnya.

Jaja menambahkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) KBB, dalam memberdayakan masyarakat untuk dapat turut serta berptisipasi dalam upaya penyalahgunaan narkotika di semua elemen, termasuk dilingkungan Pemkab Bandung Barat.

Menurutnya, upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di lingkungan instansi pemerintah merupakan kewajiban dan tanggung jawab dari masing-masing instansi.

Salah satu instrumennya, imbuh dia, membentuk Tim Terpadu di derah atau diwilayahnya, termasuk di Kecamatan dan Desa untuk bersama-sama mencegah peredaran narkotika.

Dan apabila ada instansi pemerintah dari pusat sampai dengan ke daerah yang tidak melakukan upaya P4GN, tegasnya, maka instansi tersebut berarti tidak melaksanakan aturan tersebut.

Realisasinya dalam mempercepat penanganan permasalahan, lanjut dia, Presiden mengeluarkan Inpres Nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional P4GN yang berlaku sampai dengan tahun 2024

“Intinya, setiap instansi memiliki kewajiban untuk melakukan itu. Terutama deteksi dini terhadap penyalahgunaan narkotika harus terus dilakukan oleh berbagai pihak,” pungkas dia. [Gunawan].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.