Danlantamal X Hadiri Acara Peringatan Hornas Ke – XXVI Tingkat Provinsi Papua Tahun 2019

Danlantamal X Hadiri Acara Peringatan Hornas Ke - XXVI Tingkat Provinsi Papua Tahun 2019

Danlantamal X Hadiri Acara Peringatan Hornas Ke – XXVI Tingkat Provinsi Papua Tahun 2019

MEDIAANDALAS.COM, JAYAPURA – Jayapura (Papua). Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika menghadiri upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat Provinsi Papua serta pelepasan kontingen pelajar papua. Bertempat di Halaman Kantor Gubernur Papua Jl. Soa Siu, Kel. Bhayangkara, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Rabu (13/11/19).

Dalam upacara tersebut dipimpin langsung oleh Staf Ahli Gubernur Provinsi Papua Bidang Kemasyarakatan dan SDM yaitu Ani Rumbiak SE., MM dengan komandan upacara Mayor Adm Arifin Abdullah, A,Md (Kasigarbia Makoopsau III) dan diikuti sekitar 200 personil dari TNI/POLRI.

Danlantamal X Hadiri Acara Peringatan Hornas Ke - XXVI Tingkat Provinsi Papua Tahun 2019
Danlantamal X Hadiri Acara Peringatan Hornas Ke – XXVI Tingkat Provinsi Papua Tahun 2019

Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP., M.H., dalam sambutanya yang di sampaikanAni Rumbiak SE., MM mengatakan, pada hari ini kita baru bisa merayakan Haornas Ke-36 Tahun 2019 Tingkat Provinsi Papua yang sebenarnya jatuh pada tanggal 9 September 2019. Tema HAORNAS Tahun 2019 ini adalah “Ayo olahraga, dimana saja dan kapan saja”. Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja, menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia.

Pembangunan didalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani kita berarti telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju, khususnya Masyarakat Papua. Menurut Sport Development Index (SDI), keberhasilan pembinaan di suatu daerah atau negara, tidak semata diukur dari banyaknya medali yang diperoleh dalam suatu event, akan tetapi diukur dari seberapa banyak masyarakat yang terlibat atau melakukan olahraga, namun tidak dapat pungkiri bahwa ukuran prestasi olahraga yang diraih, umumnya diukur dari banyaknya medali yang diperoleh.

Pembinaan atlet muda berbakat yang didukung oleh talent identification dan talentscouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan event olahraga baik di tingkat Nasional, bahkan Internasional, dimana Atlet yang berasal dari Papua mampu berprestasi, namun perlu terus diupayakan pembinaannya dengan pendekatan IPTEK Olahraga yang dilakukan mulai dari Pemasalan, Pembibitan dan Pembinaan Prestasi yang melibatkan banyak anggota masyarakat, sehingga nantinya diharapkan muncul bibit olahragawan berbakat untuk Indonesia umumnya dan Papua khususnya.

Sementara itu Ketua Kontingen Timotius Matuan, S. Pd,. M. Pd,. (Kabid Pemberdayaan Olahraga Provinsi Papua) dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan acara ini sebagai upaya melakukan pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga di kalangan pelajar serta sebagai bahan evaluasi program latihan setiap 1 tahun guna meningkatkan semangat berprestasi olahraga di kalangan pelajar dan pelatih.

Kegiatan ini juga sebagai ajang program menuju PON XX dalam meraih prestasi dan meningkatkan persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar.

Pada peringatan Hari Olahraga Nasional XXXVI Tingkat Provinsi Papua serta pelepasan peserta Pekan Olahraga Pelajar Basionas (Popnas) Ke XV yang akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 25 Nopember 2019 mendatang mempertandingkan 13 Cabang Olahraga yakni Atletik, dayung , renang, panahan, angkat besi, pencak silat, karate, judo, sepak takraw putra, bulu tangkis, vollyi pasir, dayung dan taekwondo. Atlet, Pelatih dan Official Kontingen Popnas Papua secara kesluruhan berjumlah 232 orang.

Hadir dalam acara tersebut Brigjen Pol Yacobus Marjuki (Wakapolda Papua), Kol. Laut (P) Eko Wahyono, S.E., M.M. (Wadan Lantamal X), Kol Laut Agus Sugiharto (Aspers Lantamal X Jayapura), Letkol Laut (T) Fajar Sukmana (Aslog Lantamal X) Kol. Laut (P) Wijayanto (Asrena Danlantamal X), Kol. Laut (E) Sadikin Rozali (Asintel lantamal X), Kol. Kav Donova Fery Pamungkas (Kajasdam XVII/Cenderawasih), Musa Isir (Kepala Kesdbangpol Provinsi Papua, Nicolaus Wenda (Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Papua), Elias Wenda (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua), Timotius Matuan, Spd. MPd (Kabid Pemberdayaan olahraga Provinsi Papua).

[Dispen Lantamal X Jayapura/ Papua].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.