Sifat tulus harus dimiliki semua orang agar timbulkan rasa aman

Sifat tulus harus dimiliki semua orang agar timbulkan rasa aman

MEDIAANDALAS.COM, MAKASSAR – Dilansir dari Anataranews.com, Khatib salat Id Profesor Dr. Lomba Sultan mengatakan bahwa setiap orang harus memiliki sifat tulus agar membuat orang lain merasa aman.

“Mereka merasa dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi,” kata Lomba Sultan saat membacakan khotbah Idulfitri 1440 Hijriahdi Lapangan Stadion Andi Mattalatta Makassar, Rabu.

Ia menegaskan bahwa orang tulus akan selalu menyampaikan perkataan yang benar dan tidak suka mengada-ada. Sifat inilah yang antara lain yang harus dimiliki agar dapat meraih kemenangan pada hari yang fitri ini.

Menurut  Lomba Sultan, merugilah orang-orang yang tidak memiliki sifat-sifat seperti yang diperintahkan dalam Alquran karena akan membawa kesengsaraan bagi orang lain dan bangsanya.

Sifat lainnya yang harus dimiliki oleh setiap orang adalah rendah hati. Sifat ini akan mampu menghargai orang lain dan mengakui kelebihan orang lain serta mengapresiasinya.

“Sifat lainnya, keluhuran yang membawa kebaikan kepada semua orang. Contoh yang paling nyata terhadap sifat ini ada pada diri Rasulullah Muhammad saw.,” katanya.

Adapun sifat-sifat yang bertentangan dan harus dihindari oleh setiap orang, seperti sifat kebinatangan. Sifat ini cenderung menggunakan segala tipu muslihat dan menghalalkan segala cara demi tujuannya tercapai.

Sifat lainnya adalah sifat kebuasan, misalnya orang-orang yang memakai sifat ini seperti oknum-oknum penegak hukum yang dengan kewenangannya menjerat orang-orang lemah yang tidak sepaham dengannya.

Sifat terakhir seperti sifat setan yang suka mengadu domba antara satu dan lainnya dan suka menyesatkan orang-orang. Bahkan, jika perkataan benar yang disampaikan orang lain pun akan mampu disesatkan.

“Ada sifat-sifat yang harus dimiliki ada pula yang harus ditinggalkan. Semua sifat-sifat itu sudah ada contohnya. Pada hari yang fitri ini semoga kemenangan menjadi kita semua,” ucapnya.

(Sumber : Antaranews.com)

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.