Sandiaga Uno Launches Bio Sneakers, Dukung Konsep Ekonomi Kreatif Berkelanjutan

Sandiaga Uno: Shoes That Will Degrade In The Ground

Sandiaga Uno: Shoes That Will Degrade In The Ground

Sandiaga Uno: Shoes That Will Degrade In The Ground

MEDIAANDALAS.COM, JAKARTA – Kadin Indonesia Bidang Perindustrian bekerjasama dengan Dewan Serat Indonesia akan meluncurkan sepatu Bio Sneakers secara hybrid.

Sepatu ini adalah produk seorang wirausaha muda memiliki keistimewaan hampir 100% berbahan baku serat alam dan karet alam dan sudah diproduksi secara terbatas.

Peluncuran sepatu Bio Sneakers oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, turut dihadiri secara hybrid Kementerian terkait yang terlibat membina pelaku usaha seperti Kementan di hulu dan unsur Kemendag di hilir hingga pemasaran ekspor dengan pilihan produk disesuaikan dengan selera pasar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung dan mengapresiasi penggabungan konsep ekonomi kreatif dengan tren lingkungan berkelanjutan yang diusung produk anak negeri.

Dalam peluncuran produk Bio Sneakers Indonesia di Jakarta, Selasa, yang ditayangkan secara daring, Menparekraf Sandiaga menilai pandemi COVID-19 memaksa pelaku industri untuk melakukan reposisi, salah satunya menggarap peluang tren yang ada dan tak terhenti seperti tren lingkungan berkelanjutan (sustainability).

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, salah satu yang jadi tren, ia sebut unstoppable trend itu adalah tren terhadap sustainability, keberlanjutan lingkungan.

Menggabungkan ekonomi kreatif dengan salah satu tren yang unstoppable seperti keberlanjutan lingkungan ini menurut saya sangat brilliant.

Menparekraf pun mengapresiasi konsep yang diusung Node, salah satu produk Bio Sneakers Indonesia, yaitu sepatu dengan serat alam lokal yang diproduksi dengan pertimbangan lingkungan.

Karena berbahan serat pangan, maka produk sepatu buatan wirausaha lokal itu dapat terurai.
 
“Istilahnya ini sepatu kalau kita tanam di dalam tanah, sekitar satu tahun mungkin sudah bisa terurai. Brand Node ini yang singkatannya No Deforestation, ini anak muda yang nge-branding dengan konsep keberlanjutan, kami sangat mengapresiasi,” kata Menparekraf.

Menyusul mulai menggeliatnya ekonomi nasional, Menparekraf Sandiaga Uno mengaku ingin terus memupuk semangat dan mendorong para pelaku industri, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk segera melakukan adaptasi dan inovasi guna menangkap peluang yang ada.

Meski pariwisata jadi sektor yang paling tertekan karena pandemi, menurut dia, sektor ekonomi kreatif punya peluang besar untuk bisa bangkit dan tumbuh pesat.

“Mari kita lakukan gerakan all out untuk bantu UMKM kita, memastikan ekonomi ke depan lebih berkelanjutan, lebih berkeadilan, program dunia usaha dan program pemerintah nyambung sehingga pelaku usaha yang butuh support bisa dieksekusi, nggak pakai lama, nggak pakai ribet, nggak pakai mumet,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Perindustrian.

Peluncuran produk sepatu serat ini diharapkan juga memacu produk anak bangsa hampir 100% bahan baku lokal sekaligus dalam kerangka mendukung bangga produk Indonesia.

Tentunya hal ini bisa terlaksana dengan baik apabila dikemas kaloborasi binaan lintas Kementerian teknis dengan baik. [Eka].

Author: Eka Himawan

Life For Nothing Or Die For Something

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.