Rapat Persiapan Pagelaran Festival Keindahan Seni Budaya Melayu Riau dan Budaya Nusantara Tahun 2020 di Anjungan Riau TMII

Rapat Persiapan Pagelaran Festival Keindahan Seni Budaya Melayu Riau dan Budaya Nusantara Tahun 2020 di Anjungan Riau TMII

Rapat Persiapan Pagelaran Festival Keindahan Seni Budaya Melayu Riau dan Budaya Nusantara Tahun 2020 di Anjungan Riau TMII

MEDIAANDALAS.COM, JAKARTA – Rapat Persiapan Pagelaran Festival Keindahan Seni Budaya Melayu Riau Dan Budaya Nusantara yang rencananya akan dilaksanakan di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur. Rapat tersebut berlangsung di Ruang utama Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah di pimpin oleh Kepala Pengelola Anjungan Riau Dr. H. Zulfikar, turut hadir dalam rapat tersebut,Pembinan Pesantren RI 1 Habib Abu Djibril Basyaiban. Ketua Umum LBM HIPMIKIMDO Syamsul Hidayat.

Ketua Pelaksana Harian Forum Pimpinan Redaksi Nasional, Polman Manalu. Dan para anggota bidang lainya, Kamis (27/02/20).

Sesuai dengan Permendagri No. 28 Tahun 2014 dan surat edaran Mendagri No.032 / 7749 / POLPUM, perihal Revitalisasi Fungsi dan Peran Anjungan Daerah di Taman Mini (TMII), dan surat keputusan Menteri Kehutanan tahun 2010, Menteri Kebudayaan tahun 2011 dan Menteri Agama tahun 2012, tentang penempatan Anjungan Daerah sebagai pelestarian budaya, lembaga konservasi, wahana kerukunan umat beragama ,Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Barisan Muda Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (LBM HIPMIKIMDO) Berkalaborasi dengan Pemerintah Propinsi Riau, Pesantren RI – 1, DPP HIPMIKIMDO akan menggelar pergelaran festival Keindahan Seni Budaya Melayu Riau Dan Budaya Nusantara di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pengelola Anjungan Riau Dr. H. Zulfikar kepada awak media mengatakan, “Maksud dan tujuan pagelaran Festival Keindahan Seni Budaya Melayu Riau Dan Budaya Nusantara adalah untuk :

1. Memperkokoh ukhuwah islamiyah, basyariyah dan wathoniyah,

2. Peningkatan kreatifitas dan inovasi budaya, kuliner, dan UMKM,

3. Menumbuh kembangkan semangat entrepreneurship,

4. Pelestarian budaya melayu dan nusantara, 

5. Edukasi budaya, kuliner dan usaha kecil dan menengah,

6. Mencari solusi pemasaran produk daerah,

7. Peningkatan promosi produk unggulan daerah dan komoditas daerah.” Ungkap nya.

Dr. H. Zulfikar menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Riau mendukung pegelaran festival tersebut, “Anjungan Riau TMII sebagai panggung acara, yang harus memperlihatkan situasi dan kondisi Budaya Melayu Riau, Manajemen TMII sebagai tuan rumah yang memberikan dukungan, masukan dan pengawasan dan kita berharap Pihak Swasta ikut ambil bagian sebagai sponsor penunjang,” tambah nya.

Dikatakan Dr. H. Zulfikar tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah agar nantinya memiliki sentral promosi prodak daerah dan budaya dengan cara digital sistem, terbangun sentral UMKM Riau di jakarta.

Tersedia makanan khas riau di anjungan Riau TMII, membangun Entrepreneur Daerah Riau,bAdanya event yang berkelanjutan, Terbangunnya sistem kerja terpadu dan terintegrasi, Berfungsinya anjungan sesuai dengan Permendagri Nomor 28 tahun 2014, Terjadi peran serta pihak swasta dalam kepeduliannya terhadap promosi budaya dan potensi daerah, Terbentuk role model manajemen anjungan daerah, Tewujudnya sistem kerja yang terintegrasi dan sinergi, “Pungkasnya.

Barisan Muda LP5UMKM sebagai event organizer (EO) Syamsul Hidayat Selaku Ketua Umum LBM HIPMIKIMDO mengatakan Warisan Budaya itu semua adalah cerminan, bahwa leluhur kita bangsa Indonesia memiliki kecerdasan yang luar biasa dalam menciptakan karya budaya beserta simbol – simbol filosofinya.

Di jaman sekarang, di mana kemajuan teknologi telah demikian pesat, kita Generasi Muda tak seharusnya lalai dengan peninggalan – peninggalan bersejarah tersebut, karena muatan – muatan nilai – nilai luhur bangsa Indonesia tersimpan di setiap karya – karya itu. Saya yakin, bahwa ini semua untuk diwariskan kepada anak cucunya, kita semua di jaman milenial ini.

“LBM HIPMIKIMDO mengajak seluruh kaum milenial untuk mengembangkan kebudayaan kita. dan kita harus bangga dengan seluruh jati diri kebudayaan kita. Karena itulah Baisan Muda Hipmikimdo menggagas acara ini,” ujarnya.

Acara Festival Keindahan Seni Budaya Melayu Riau Dan Budaya Nusantara akan menampilkan Lomba kuliner daerah dan nusantara, Festival seni dan budaya, Penampilan musik melayu, Senam masal, Bazar murah, Pengobatan gratis, Pameran UKM Riau dan Nusantara, DIKLAT, Lomba kopi nusantara, Dll yang rencanananya akan diikuti seluruh siswa siswi se-DKI, Festival kuliner emak emak Riau yang ada jakarta dan masyarakat DKI serta seluruh perwakilan [Anjungan se-Indonesia]..

Habib Abu Djibril Basyaiban selaku Pembina Pesantren RI-1 mengapresiasi LBM Hipmikimdo Adakan pagelaran Festival Keindahan Seni Budaya Melayu Riau dan Budaya Nusantara, kegiatan ini sangat inspiratif dari kaum milenial dalam hal ini Barisan Muda Hipmikimdo,

“Kepada masyarakat terlebih kepada generasi muda kita selalu berharap agar mengenal, mencintai serta menghargai budaya lokal kita sendiri. peran masyarakat terlebih generasi muda sangatlah penting untuk melestarikan, mencintai budaya dan adat sebagai jati diri bangsa.” ucap nya. [Humas FPRN]

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.