Menkes: Pelayanan Kesehatan Mudik Lebaran Siaga 24 Jam

Menkes: Pelayanan Kesehatan Mudik Lebaran Siaga 24 Jam

MEDIAANDALAS.COM, JAKARTA – Dilansir dari SINDONEWS.COM, Pelayanan kesehatan beserta fasilitas lainnya tentu menjadi hal yang penting dalam mudik Lebaran setiap tahunnya. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan pelayanan kesehatan ini full time 24 jam bagi pemudik.

“Pos-pos kesehatan siap melayani para pemudik dan juga pengemudi untuk cek kesehatan sebelum berangkat, diharapkan tidak ada yang menggunakan obat-obatan terlarang serta tetap menjaga kesehatan,” ujar Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dalam rilisnya, Jumat (31/05/19).

Nila mengatakan, bahwa kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Di Indonesia penyakit hipertensi dan diabetes mendominasi para pemudik dan pengemudi sehingga perlu upaya promotif dan preventif.

Saat ini, pos kesehatan telah tersedia sebanyak 6.047 di seluruh provinsi sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk cek kesehatan.

“Posko kesehatan telah siap dan berlangsung selama H-7 dan H+7 Lebaran, begitupun pelayanan kesehatan lainnya juga siap selama 24 jam tenaga kesehatan juga tetap bekerja dengan sistem shifting tentunya,” terang Nila.

Para tenaga kesehatan siap untuk melakukan pemeriksaan, begitu juga dengan obat essential yang sudah lengkap di pos kesehatan. Jika perlu pengobatan lebih lanjut, di pos kesehahan stasiun, bandara dan pelabuhan telah bekerja sama dengan puskesmas dan dapat dirujuk ke RS setempat.

Sementara, guna mewujudkan mudik yang sehat, aman dan selamat, Kementerian Kesehatan menyiapkan 6.047 fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) yang terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 RS sekitar Jalur Pantura, 144 RS Rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun lalu sebesar 3.910.

[Sumber : SindoNews.com].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.