Klaim Asuransi Usaha Tani Padi Rp 2,344 Triliun, Lebih Besar dari Premi

Klaim Asuransi Usaha Tani Padi Rp 2,344 Triliun, Lebih Besar dari Premi

MEDIAANDALAS.COM, MAKASSAR – Dilansir dari TRIBUN-TIMUR.COM, PT Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo) Cabang Makassar mencatat, jumlah ganti rugi atau klaim sektor pertanian yang dikeluarkan jauh lebih besar dari premi yang dihimpun di Sulsel selama Agustus 2018.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 6 Sulampua mencatat, nilai premi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) sebesar Rp 1,485 triliun.

Sedangkan nilai Klaim nyaris dua kali lipat di angka Rp 2,384 triliun.

Kepala Divisi Asuransi Agri dan Mikro Program Pemerintah Ika Dwinita Sofa yang ditemui belum lama ini menuturkan, kondisi rasio klaim di Sulsel memang relatif tinggi.

Akan tetapi, ini justru menjadi wujud nyata sebagai bentuk perlindungan kepada usaha tani daru negara.

“Rasio klaim di Sulsel cukup tinggi tapi di satu sisi justru di situlah program ini lebih terasa manfaatnya,” kata Sri sapaannya, Kamis (25/10/2018).

Progress ketahanan pangan dengan memberikan perlindungan kepada usaha tani di Sulsel ini juga masih jauh dari target.

Target AUTP 2018 ini sebesar 60 ribu hektare (Ha). Namun realisasi AUTP tertanggung dari Januari-Agustus 2018 masih 8.247,79 Ha.

“AUTP masih harus ditingkatkan. Musim tanam Oktober ini semoga meningkat,” ujarnya.

Kepala Cabang Jasindo Cabang Makassar, Yoki Triyuni Putra menuturkan, klaim yang dikeluarkan didominasi lahan pertanian yang terkena banjir.

Agar penetrasi pasar untuk asuransi padi lebih masif, Jasindo tengah menggodok skema baru yakni pemegang polis bisa dimudahkan untuk mengakses permodalan ke industri jasa keuangan.

“Bukan hanya penggantian kerugian tapi bisa mempermudah ke lembaga keuangan lainnya. Yang sementara skemanya sedang digodok,” katanya.

Sebelumnya, selama 2017, total klaim AUTP oleh PT Jasindo Cabang Makassar di angka Rp 8,766 triliun, sedangkan preminya Rp 2,210 triliun.

Jumlah lahan pertanian yang diasuransikan tahun lalu di angka 12.317 ha. Masih jauh dari target yang diembankan pemerintah kepada perseroan di angka 60 ribu ha.

(Sumber : Tribun Timur)

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.