Netizen itu Apa sih? Apa Peran Mereka?

Apakah yang dimaksud dengan netizen

Netizen itu Apa sih? Apa Peran Mereka?

MEDIAANDALAS.COM, BANDAR LAMPUNG – Kerap kali ketika kita sedang browsing di Internet kita mendengar banyak sekali istilah dan kata baru. Salah satunya adalah netizen. Ada banyak orang di Internet yang menyebut dirinya sebagai Netizen. Terus, apa sih netizen itu?

Pengertian Netizen, menurut Internet

Dari gabungan kata Internet dan citizen (warga, penduduk), Netizenadalah pengguna Internet, atau juga disebut-sebut sebagai penghuni yang aktif terlibat di komunitas online di Internet. Aktiftas itu bisa bermacam-macam jenisnya, dari yang sekadar ngobrol dan seneng-seneng sampai aktivisme yang menuntut perubahan di dunia maya atau bahkan dunia maya.

Pencetus istilah ‘Netizen’

Ketika internet sedang mulai naik daun di pertengahan 1990-an, penulis dan salah satu pelopor Internet Michael F. Haubenmengungkapkan idenya tentang para pengguna Internet di tulisannya, “The Net and Netiens: The Impact the Net Has on People’s Lives”, di paragraf pertamanya:

“Selamat datang di abad ke-21. Anda adalah seorang Netizen (seorang penduduk Net) dan anda hadir sebagai warga di dunia ini, semua karena konektifitas global yang bisa diwujudkan oleh Net. Anda memandang semua orang sebagai warga senegara anda. Secara fisik mungkin anda sedang hidup di satu negara, tapi anda sedang berhubungan dengan sebagian besar dunia melalui jaringan komputer global. Secara virtual, anda hidup bersebelahan dengan setiap Netizen di seluruh dunia. Perpisahan secara geografis sekarang diganti dengan keberadaan di dunia virtual yang sama.”

Karena tulisannyalah ia diberi julukan sebagai pelopor istilah netizen, yang pada akhirnya populer digunakan sampai saat ini.

Apa saja peran Netizen?

Netizen juga manusia. Mereka berkomunikasi, mencari dan berbagi hiburan dan Informasi apapun, dan berbagai macam aktiftas lainnya yang juga ada di dunia nyata. Bebasnya dunia maya juga memberi keleluasaan bagi penduduk di dalamnya untuk menyuarakan pendapat dan idenya.

Banyak sekali fasilitas-fasilitas di ‘negara’ yang bernama Internet ini untuk memudahkan warganya berpendapat dan bereskpresi secara bebas. Ada banyak media seperti sosial media, blog, situs sharing video, dan tempat sharing lainnya yang bisa digunakan oleh para Netizen. Kabar-kabar viral pun juga berkat peran para Netizen.

Oleh karena itu para Netizen ingin tetap menjaga kebebasan dan keterbukaan yang ada di Internet. Itulah sebabnya kenapa ketika pemerintah ingin meregulasi dan mengatur Internet, Netizen dengan keras menentang dan menolak rencana itu.

Dulu Amerika hampir mewujudkannya dengan rancangan undang-undang SOPA dan PIPA, dengan dalih memberantas konten bajakan. Tapi Netizen tetaplah jeli. Rancangan tersebut dapat mengancam kebebasan gerak para Netizen. Setelah kampanye besar-besaran yang dilakukan Netizen di Internet dan dunia nyata, SOPA dan PIPA pun dibatalkan.

Penutup

Dengan ini semoga kita bisa tahu bahwa netizen adalah tak hanya sekadar pengguna Internet, tapi juga komponen penting yang aktif dalam menyempurnakan Internet itu sendiri. Dan semoga kita bisa menjadi netizen yang bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun ke sesama netizen, dan bahkan ke masyarakat dunia nyata. Selamat beraktifitas, di dunia maya ataupun dunia nyata!

[Sumber: Takatik/Kompasiana].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.