Deklarasi Forum Komunitas Masyarakat Korban Banjir Citarum

Pemasangan Spanduk

Deklarasi Forum Komunitas Masyarakat Korban Banjir Citarum

MEDIAANDALAS.COM, BANDUNG – Banjir Kab. Bandung khususnya Daerah Kec. Dayeuhkolot, Kec. Bojongsoang dan Kec. Baleendah sudah terjadi selama 20 (dua puluh) tahun. Kamis (27/02/20).

Dampak banjir dari aliran Sungai Citarum tak jarang menimbulkan dampak sosial yang sangat besar bagi masyarakat Kab. Bandung khususnya masyarakat yang terdampak banjir Citarum.

Upaya penanganan yang dilakukan oleh Pemerintah baik tingkat Pusat Provinsi dan Kabupaten belum memberikan solusi yang kongkrit dalam penanganan banjir.

Hal ini dapat dilihat dari kejadian banjir yang berulang setiap tahun dilokasi yang sama, perlu kiranya dalam penanganan banjir, Pemerintah dan masyarakat setempat bersinergi dalam mengurai hal – hal yang menjadi penyebab terjadinya banjir tersebut.

Untuk itu kami Forum Kominikasi Masyarakat Korban Banjir Citarum menyatakan dengan tegas hal-hal sebagai berikut :

1. Kami mendukung penuh semua upaya Pemerintah dalam menangani permasalahan banjir di Kabupaten Bandung.

2. Kami meminta Pemerintah untuk melibatkan masyarakat dalam upaya penanganan permasalahan banjir di Kab. Bandung.

3. Kami meminta agar Pemerintah memperhatikan hak – hak masyarakat yang terdampak proyek penanganan banjir sehingga tidak menimbulkan kerugian baik materil maupun moril.

4. Pemerintah harus tegas untuk menindak pihak-pihak yang diduga menjadi aktor yang mengakibatkan terjadinya banjir, baik perorangan maupun korporasi.

5. BBWS Citarum harus bertanggung jawab terhadap seluruh permasalahan banjir yang terjadi di Jawa Barat khususnya terhadap masyarakat yang terdampak banjir Citarum.

Demikian aspirasi dan saran yang dapat kami sampaikan agar permasalahan banjir Citarum dapat dengan segera diselesaikan tanpa menimbulkan ekses kerugian terhadap masyarakat. [FKM-KBC].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.