Kapolsek Cihideung: Pelayanan Publik Jangan Hanya Sekadar Jargon

Eka Himawan
Follow me

MEDIAANDALAS.COM – CIHIDEUNG – Kapolsek Cihideung Polres Tasikmalaya Kota mengingatkan agar pelayanan publik prima di tubuh Polri benar-benar bisa dieksekusi dan direalisasikan.

Pelayanan pun harus terus diawasi kualitasnya agar tidak hanya menjadi jargon belaka.

“Saya tidak ingin pelayanan publik hanya sekadar jargon saja, tetapi saya ingin kualitasnya pun dicek,” tegas Kompol H. Zaenal Mutaqin saat menerima kunjungan dari Pengurus Wilayah GNPK RI Jabar yang diwakili Edi Sugianto selaku Bendahara, Eka Himawan Sekretaris GNPK-RI Pimpinan Wilayah Provinsi Jabar dan Sandy Jum’at (05/03/21).

Zaenal Mutaqin selaku Kapolsek saat diwawancarai mediaandalas.com meminta agar kualitas pelayanan bisa secara nyata dirasakan oleh masyarakat.

Oleh karena itu, Kapolsek mengimbau kepada jajarannya agar di setiap lokasi pelayanan terdapat desk pengaduan dan sistem handling complain, sehingga nantinya diketahui apakah pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan standar pelayanan yang ada atau ternyata masih jauh dari harapan masyarakat.

Kapolsek mengungkapkan, sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, Polri mencanangkan berbagai program. Antara lain, modernisasi fasilitas sarana dan prasarana sentra pelayanan publik, penguatan standardisasi sistem manajemen mutu dan kontrol di semua sentra pelayanan publik, serta peningkatan status wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) pada seluruh sentra pelayanan publik.

Polri pun melaksanakan pembuatan pelayanan online dan delivery system layanan Kepolisian yang tentunya tetap mengedepankan  Protokol Kesehatan.

Peningkatan integrasi teknologi dan komunikasi dengan media pun dilakukan untuk akses layanan, informasi, pengaduan, dan partisipasi masyarakat. “Tentunya harapan ke depan adalah bagaimana kita mampu memberikan pelayanan yang betul-betul hanya dengan online, tidak perlu datang ke kantor-kantor pelayanan dan semua bisa terlayani dengan baik,” jelas Zaenal Mutaqin.

Berbagai program ini diwujudkan dalam inovasi-inovasi pelayanan kepolisian.

Polri pun bersinergi dengan forkopicam guna membangun sinergitas Kamtibmas dan Menghimbau masyarakat dimasa pandemi Covid-19 Protokol Kesehatan.

Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang sangat baik dalam penyelenggaraan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat.

“Meskipun demikian, diperlukan kerja keras dan komitmen dari masing-masing anggota Polri dalam peran serta terkait dan dari Mabes Polri untuk terus-menerus melakukan perbaikan dan inovasi menuju pelayanan publik yang prima,” pungkas Kapolsek Cihideng. [Eka].

Eka Himawan

Author: Eka Himawan

Life For Nothing Or Die For Something

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.