Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin Kunjungi Ruang Tahanan, Antisipasi Tahanan Kabur

Kapolres Karawang Kunjungi Ruang Tahanan, Antisipasi Tahanan Kabur

Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin Kunjungi Ruang Tahanan, Antisipasi Tahanan Kabur

MEDIAANDALAS.COM, KARAWANG – Pastikan Aman dan Kondusif, Kapolres Karawang Sidak Rutan Makopolres Karawang guna mengetahui sejauh mana kesigapan dan kesiapsiagaan petugas, dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan SOP yang berlaku, Kapolres Karawang melakukan sidak di rutan Makopolres Karawang, Kamis (06/02/20).

Dalam sidak tersebut, Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin S.I.K., M.H. Memeriksa satu persatu ruang penjagaan dan tahanan serta fasilitas, didampingi Wakapolres Karawang Kompol Ryky Widya Muharam S.H., S.I.K., Beserta Pejabat Utama Polres Karawang

Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin S.I.K., M.H. mengatakan “banyak peristiwa tahanan kabur yang berawal dari kelengahan petugas yang kemudian dimanfaatkan untuk mengelabui dan lari dari ruang tahanan.”

“Mereka memang tahanan. Meskipun berstatus tahanan, tetapi harus diperlakukan humanis dan memperhatikan koridor HAM,” tambahnya.

Dijelaskan AKBP Arif Rachman Arifin, pengecekan tahanan dimulai dari kondisi fisik tahanan, barang bawaan yang digunakan, dan keamanan setiap ruang tahanan yang ditempati sebagai antisipasi perbuatan tidak diinginkan.

“Kami juga tegaskan kepada petugas, agar tidak segan–segan seluruh barang yang dinilai dapat membahayakan untuk dikeluarkan dari ruang tahanan,” jelasnya.

Pemeriksaan, lanjut AKBP Arif Rachman Arifin, selain kelengkapan administrasi penyidikan terkait masa tahanan, juga CCTV pengawas hingga soal kebersihan. Kami minta agar setiap petugas jaga, benar–benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP yang ada,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Kapolres Karawang juga meminta agar para tahanan untuk memperbanyak ibadah dan merenungi perbuatan yang sudah dilakukan untuk mengambil makna dan menjadi manusia yang lebih baik.

“Setiap harinya ada 4 personel yang mengawasi tahanan. Satu dari Sattahti terkait dengan adimisntrasi dan 3 orang dari Satsabhara Polres Karawang.” dari hasil Sidak, semua dalam kondisi lengkap. Demikian juga dengan tahanan yang berada di Makopolres Karawang dalam keadaan sehat. terangnya.

[Humas Polres Karawang].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.