Kabag Humas: Sekda Aceh Tamiang Kembali Membuat Pertemuan Dengan Pihak BPKD

Sekda Aceh Tamiang Kembali Membuat Pertemuan Dengan Pihak BPKD

MEDIAANDALAS.COM, ACEH TAMIANG, Kepala Bagian (Kabag) Humas Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) melalui jaringan WhatsApp group menyampaikan siaran Persnya, Menindaklanjuti pertemuan sebelumnya pada Rabu (18/03/20) terkait upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Virus Corona (Covid-19), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Tamiang kembali membuat pertemuan dengan pihak BPKD tentang ketersediaan anggaran, kegiatan berlangsung di ruang Sekdakab, Senin (30/03/20).

Agusliayana Devita, S.STP., M.Si Kabag Humas Sekdakab Aceh Tamiang menyampaikan, “Pihak Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) menjelaskan bahwa ketersediaan keuangan yang akan digunakan dalam pembentukan gugus tugas dan juga pembelanjaan alat serta barang dengan menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) yang tersedia sebesar tiga miliar rupiah, semua itu dapat digunakan sesuai kebutuhan Tim,” jelasnya.

“Mengingat anggaran yang dibutuhkan untuk melengkapi fasilitas penanganan Covid-19 terbilang cukup besar, kami meminta kepada Dinas terkait untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan dan penggunaannya, juga diharap agar bisa bersinergi dengan Instansi lainnya.”

Devi menambahkan, “Pada kesempatan tersebut pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) memberikan penjelasannya bahwa alat yang dibutuhkan dalam penanganan Covid-19 diantaranya alat pelindung diri (covel all), alat ronsen Portable, termometer tembak, statescop, alat pompa napas, Ambulance, monitor, tabung oksigen dan lainnya. Sedangkan untuk ruang isolasi pihaknya telah mengalih fungsikan ruangan yang ada, mengingat pentingnya persiapan penanganan masalah ini, dan ada sepuluh ruangan telah disiapkan, namun fasilitasnya belum memenuhi standar isolasi,” terangnya.

Devi juga menambahkan, “Pihak Polres Aceh Tamiang yang turut hadir dalam pertemuan tersebut menerangkan, telah melakukan upaya pencegahan berupa penyemprotan desinfektan ditempat – tempat umum. Direncanakan pada Jum’at depan, kembali akan dilakukan pembersihan di depan Polsek Kota Kualasimpang dan dihimbau jika ada dinas – dinas yang ingin ikut serta dipersilahkan. Saat ini Polres Aceh Tamiang juga sudah membeli thermal scanner untuk mengukur suhu tubuh semua personil Polisi,” ungkapnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang. [Eri Beo].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.