Festival Danau Toba 2019 di Gelar di Parapat, Ragam Lomba dan Hiburan Dipersiapkan Bagi Pengunjung

Festival Danau Toba 2019 di Gelar di Parapat, Ragam Lomba dan Hiburan Dipersiapkan Bagi Pengunjung
Media Andalas
Follow me

Festival Danau Toba 2019 di Gelar di Parapat, Ragam Lomba dan Hiburan Dipersiapkan Bagi Pengunjung

Festival Danau Toba 2019 di Gelar di Parapat, Ragam Lomba dan Hiburan Dipersiapkan Bagi Pengunjung
Festival Danau Toba 2019 di Gelar di Parapat, Ragam Lomba dan Hiburan Dipersiapkan Bagi Pengunjung. [KSP Sitanggang].

MEDIAANDALAS.COM, SIMALUNGUN – Dalam rangka mendukung Geopark Danau Toba masuk menjadi anggota Global Geopark UNESCO, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melalui Dinas Pariwisata Provinsi Sumut akan menggelar Festival Danau Toba 2019 selama tiga hari Senin (09/12/19) hingga Kamis (12/12/19) di Open Stage Parapat Kelurahan Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Demikian di Sampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Dr. Ria Nofida Telaumbanua saat temu Pres di wisama Pora Parapat yang di dampingi Kepala Bidang Kepurbakalaan Drs Unggul Sitanggang yang menjabat sebagai Badan Pengelola Geopark Kaldrea Toba (BPGKT), Drs Muklis Nasution Kabid Pemasaran, Dra Martina Silaban Ka UPT Museum, Denny SH Ka UPT Taman Budaya dan lainnya menyampaikan maksud dan tujuan Festival Danau Toba untuk menjadikan Festival Danau Toba menjadi Festival yang bercitra kuat, yang mampu meningkatkan, melestarikan sekaligus mensejahterakan masyarakat sekitar.

Dr. Ria Nofida Telaumbanua juga menyampaikan bahwa sejarah FDT sebelumnya dilaksanakan pada Festival pertama di Kabupaten Samosir, ke dua di Kabupaten Toba Samosir, ke tiga di Kabupaten Karo, ke empat di Kabupaten Tapanuli Utara, ke lima di Kabupaten Humbang Hasundutan, ke enam di Kabupaten Dairi, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provsu, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI, Badan Otorita Danau Toba, 8 Kabupaten di kawasan Danau Toba bersama stakeholder pariwisata dan budaya sepakat menggelar FDT di Kabupaten Simalungun di Open Stage, Pantai Bebas dan Convention Hall Pora-pora Parapat.

Dr. Ria Nofida Telaumbanua,mengatakan bahwa FDT ini direncanakan akan dihadiri dan dibuka Menteri Pariwisata RI Wisnuhutama didampingi Gubernur Sumatera Utara dan delapan Bupati sekawasan Danau Toba, Forkopindo, Anggota DPR RI/DPRD, Organisasi Perangkat Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat baik dari Provsu dan Kabupaten se kawasan Danau Toba, dan peserta dari Provinsi lainnya, dan dibuka secara resmi oleh Bapak Gubernur Sumatera Utara.

Ditambahkan, pihaknya telah mempersiapkan berbagai acara untuk memerihakan Festival Danau Toba 2019, salah satunya ‘North Sumatera Music Festival’ yang terdiri dari pergelaran musik dan tari, pameran hasil ekonomi kreatif dari Usaha Kecil Menengah (UKM), destinasi wisata kuliner dan demo masak khas Sumatera Utara.

Selain itu panitia juga menyelenggarakan perlombaan, lari (running) 10 Kilometer, musikalisasi puisi tingkat umum, foto grafi, paduan suara, Ucok & Butet dan vocal group dan berhadiah mulai dari Rp 24 jt hingga Rp 66 jt sesuai klasifikasi yang diperlombakan.

Diungkapkannya “Festival Danau Toba merupakan kegiatan rutin dan klander tahunan sebagai bentuk dukungan dan sayarat Danau Toba masuk menjadi anggota UGG dan berharap melalui kegiatan Festival Danau Toba sebagai salah satu wadah memajukan Pariwisata Danau Toba,” ungkapnya. [KSP Sitanggang].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.