Kelompok Pencuri Uang Umrah Ibu Aminah Akhirnya ditangkap Polisi

Kelompok Pencuri Uang Umrah Ibu Aminah Akhirnya ditangkap Polisi

MEDIAANDALAS.COM, ACEH BARAT – Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat, melalui Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Kaway XVI, akhirnya menangkap kelompok pelaku pencurian uang Ibu Aminah (52) sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) yang rencananya akan digunakan untuk menunaikan ibadah umrah bersama keluarganya.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda, diwakili Wakapolres Kompol Zainuddin, dalam Konferensi Pers di Mapolres Aceh Barat Rabu (18/03/20) kepada awak Media menyampaikan, “Ketiga pelaku yang melakukan aksi kejahatan bersama kasus pencurian di wilayah Kecamatan Kaway XVI.”

“Uang tersebut disimpan di bawah kasur dan dicuri pelaku.” katanya didampingi Kapolsek Kaway XVI Ipda Yudha Prasatya, Kanit Rekrim Polsek Bripka Murad Suradi, Humas Polres AKP Usman A Yani dan KBO Reskrim.

Korban Ibu Aminah, mengatakan kehilangan uangnya tunai sejumlah Rp 35.000.000,- (tiga puluh lima juta rupiah) dicuri oleh ketiga pelaku yang kebetulan juga merupakan warga Kecamatan Kaway XVI.

Masing-masing mereka berinisial SI (20), BN (24), dan MW (33), sementara total kerugian Aminah dalam kasus ini mencapai Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).

Ipda Yudha Prasatya, dalam kesempatan tersebut menjelaskan, bahwa pelaku kejahatan ini sudah sangat meresahkan masyarakat. 

Pihaknya telah menerima pengaduan masyarakat berturut – turut sejak 26 September 2019, kemudian 10 Oktober 2019 dan kasus terakhir 25 Januari 2020.

“Semua laporan tindak pidana pencurian dengan pemberatan  dan berulang ini dilakukan oleh ketiga pelaku ini dan mereka bekerja satu tim. Masih ada satu DPO yang masih dirahasiakan dan masih kita buru,” tegasnya.

Ketiga pelaku dalam kasus ini menjalankan aksinya di tiga TKP, masing – masing pelaku memiliki peran, adapun peran SI dalam kasus pencurian itu, sebagai otak pelaku, dan orang yang merusak jendela dan pintu, selain berperan sebagai pengambil barang di dalam rumah korban.

Setelah melakukan pengembangan pada Kamis 12 Maret 2020 Anggota Unit Reskrim Kaway XVI langsung melakukan upaya penangkapan terhadap pelaku SI, kemudian pelaku kedua BN, berhasil di tangkap di area kebun kelapa sawit Kaway XVI.

Hasil pengembangan dari kedua pelaku, maka pada hari Jumat 13 Maret 2020, tim Unit Reskrim Polsek Kaway XVI, berhasil mengamankan tersangka yang ketiga yakni MW, di wilayah hukum Aceh Barat.

Barang bukti yang berhasil diamankan Polisi pada tersangka pelaku penmcurian berupa, sebentuk gelang emas seberat dua mayam (6,6 gr), berikut bon pembelian emas, satu unit handphone Redmi 5A warna abu – abu, serta tujuh kaos oblong, dan celana jeans panjang yang digunakan pelaku.

Dijelaskan atas perbuatanya, pelaku dipersangkakan sebagai tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan perbuatan pidana sejenis berulang, pasal 363 Ayat 2 Jo Pasal 65 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara. [Sayid].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.