FORBAT Desak KPK Usut Dugaan Penyalahgunaan Kewenangan Bupati Bandung Barat Terkait Penanganan Covid-19

FORBAT Desak KPK Segara Usut Tuntas Kasus Dugaan Korupsi Di Kabupaten Bandung Barat

FORBAT Desak KPK Segara Usut Tuntas Kasus Dugaan Korupsi Di Kabupaten Bandung Barat

MEDIAANDALAS.COM, BANDUNG BARAT – Sekelompok orang yang menamakan diri Elemen Masyarakat Bandung Barat Peduli Rakyat Bandung Utara (PORBAT) menggelar aksi di depan Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (29/12/20).

Mereka mendesak agar KPK segera mengusut kasus dugaan Penyalahgunaan Kewenangan yang melibatkan Bupati Bandung Barat, AA Umbara Sutisna diusut tuntas.

Koordinator PORBAT, Suherman menjelaskan bahwa Bupati Bandung Barat AA Umbara Sutisna sudah diperiksa dua kali oleh KPK yang dilaksanakan di Kantor BPKP Jalan Raya Cibeureum No 50 Bandung beberapa waktu yang lalu.

Dalam Aksinya, Koordinator PORBAT mendorong pihak KPK segera menuntaskan dan mengusut dugaan kasus korupsi di Kabupaten Bandung Barat, terutama kasus dugaan penyalahgunaan kewenangan Bupati Bandung Barat dalam rangka penanganan Covid-19.

Namun demikian, belum ada hasil yang jelas dari hasil pemeriksaan yang digelar KPK hingga saat ini.

“Kami menuntut KPK mengusut kasus dugaan Penyalahgunaan Kewenangan yang melibatkan Bupati Bandung Barat, AA Umbara Sutisna,” ujarnya.

Suherman, selaku Ketua Elemen Masyarakat Bandung Barat Peduli Rakyat Bandung Utara (PORBAT) menilai bahwa para pejabat Kabupaten Bandung Barat, Bupati Bandung Barat, Setda Kabupaten Bandung Barat, dan Kadinsos Bandung Barat serta pihak-pihak terkait lainnya yang telah diperiksa oleh KPK sebelumnya yang sampai saat ini belum mengumumkan hasil pemeriksaan tersebut demi kepastian hukum serta keadilan bagi masyarakat Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat.

Selain itu massa FORKAB meminta KPK agar segera memberikan penjelasan guna menuntaskan kasus Korupsi di Kabupaten Bandung Barat. Hal ini ditegaskan oleh Suherman bahwa disinyalir isu – isu tidak sedap bahwa Bupati Bandung Barat bermain mata dengan KPK dalam mengusut kasus dugaan korupsi di Kabupaten Bandung Barat.

FORBAT Desak KPK Usut Dugaan Penyalahgunaan Kewenangan Bupati Bandung Barat
FORBAT Desak KPK Usut Dugaan Penyalahgunaan Kewenangan Bupati Bandung Barat

Suherman menilai isu yang digelembungkan itu sendiri akan berdapak pada presenden negative terhadap kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Elemen Masyarakat Bandung Barat Peduli Rakyat Bandung Utara (PORBAT) yang cinta KPK menegaskan bahwa jangan sampai hal ini akan merusak citra KPK di mata masyarakat tertutama masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

Selain itu, FORBAT meminta KPK agar segera supervisi kasus Korupsi di Kabupaten Bandung Barat. Dalam tuntutannya FORBAT meminta KPK melakukan supervisi atas dugaan korupsi yang ditangani Polres Cimahi Polda Jabar, dugaan korupsi KONI Kabupaten Bandung Barat tahun 2020, dan dugaan korupsi pembebasan lahan Kantor Pemda Bandung Barat yang belum tuntas.

FORBAT pun akan menindaklanjuti dan melaporkan kasus – kasus lainnya baik itu ke KPK, Bareskrim Polri atau Kejagung sebagai upaya masyarakat dalam mencari kepastian hukum atas berbagai dugaan dan indikasi korupsi di Kabupaten Bandung Barat.  

Massa FORBAT membawa beberapa spanduk besar dalam aksi ini. Di antaranya, bertulis “meminta KPK melakukan supervisi atas dugaan korupsi yang ditangani Polres Cimahi Polda Jabar, dugaan korupsi KONI Kabupaten Bandung Barat tahun 2020, dan dugaan korupsi pembebasan lahan Kantor Pemda Bandung Barat yang belum tuntas”. [Tateng].

Avatar

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.