Hamdani Ketua DPD LSM Basmi: Polres Tuba Diminta Limpahkan Kasus PT SUN ke Mapolres Tubaba

Foto Istimewa : Hamdani Pimred Media Andalas bersama Dede Farhan Aulawi Komisoner Kompolnas. [Zuli AG].

Foto Ist: Hamdani Ketua DPD LSM Basmi sekaligus Pimpinan Redaksi Media Andalas saat bersama Komisioner Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi dalam Acara Munas FPRN (Forum Pimpinan Redaksi Nasional) di TMII. [Red].

Hamdani Ketua DPD LSM Basmi: Polres Tuba Diminta Limpahkan Kasus PT SUN ke Mapolres Tubaba

Ilustrasi : Pencemaran Lingkungan
Ilustrasi : Pencemaran Lingkungan.

MEDIAANDALAS.COM, TUBABA – Hamdani M, SH menilai persoalan PT SUN Tubaba nampaknya tidak kunjung usai. Buktinya, meskipun sudah dilaporkan ke Kepolisian soal pencemaran lingkungan ternyata kasus tersebut terkesan mandek di meja penyidik.

“Kalau Kepolisian serius pasti ada titik terangnya. Apalagi, perkaranya di Mapolres Tuba kala itu mandek setelah pemeriksaan saksi-saksi dan hasil uji laboratorium limbah sudah keluar,” tuturnya.

Hamdani M, SH selaku Ketua DPD Barisan Muda Indonesia (Basmi) Provinsi Lampung menegaskan agar Polres Tulang Bawang melimpahkan perkara PT SUN Tubaba ke Mapolres Tubaba, mengingat saat ini Mapolres Tubaba sudah diresmikan.

“Jangan nanti alasan Mapolres Tulang Bawang kalau sekarang sudah ada Mapolres Tubaba. Semua perkara di wilayah hukum Tubaba, Polres Tulang Bawang harus melimpahkan perkara yang mandek-mandek tersebut,” kata dia, Senin (02/12/19).

Baca Juga : LSM Basmi Lampung: Mengacu PP Menteri Lingkungan Hidup Nomor 13 Tahun 2009, Pemkab Tubaba Harus Hentikan Sementara Operasional PT. SUN Tubaba

Ia mengingatkan bahwa, selain dugaan Polusi Udara, PT SUN Tubaba dilaporkan secara resmi ke Mapolres Tulang Bawang pada tanggal 24 Mei 2018 tahun lalu oleh warga sekitar perusahaan.

“Nomor LP/155/V/2018/POLDA LPG/ RES TUBA. Penggiat lingkungan hidup sudah mendorong untuk ditindaklanjuti, begitu pula Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) juga sudah mengingatkan Penyidik Polres Tuba yang dimuat dalam pemberitaan Kompolnas: Kasus Dugaan Pencemaran Lingkungan PT SUN Tubaba Harus Diproses Tuntas tapi tidak ada tindak lanjut. Kami berharap ada ketuntasan masalah PT SUN ini,” tukasnya.

Baca Juga :  Polres Tuba Diminta Paparkan Hasil Pengusutan Pencemaran Lingkungan Sekitar PT SUN Tubaba

Selain Hamdani, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) pun serius dalam menyikapi persoalan dugaan Polusi Udara dan Pencemaran Lingkungan sekitar PT Surya Utama Nabati (SUN) di Tiyuh Indraloka Jaya RT 08 Kecamatan Way Kenanga Kabupaten setempat.

Hanya saja, terkait permasalahan PT. SUN, Ketua DPRD Hi. Ponco Nugroho belum menerima usulan Hearing terkait persoalan tersebut dari Komisi III DPRD Kabupaten Tubaba, lantaran Paisol Ketua Komisi III sedang berada di tanah suci.

“Itu terus kita sikapi mas, karena kalau benar polusi udara dan pencemaran lingkungan artinya itu sangat berbahaya bagi kehidupan warga disana,” kata dia saat dimintai tanggapannya pada Peresmian Mapolres Tubaba pekan kemarin.

Ponco belum bisa berkomentar banyak lantaran belum dilakukannya haering terlebih saat disinggung rekomendasi penutupan sementara Operasional PT SUN mengingat dari Dinas Lingkungan Hidup Tubaba juga sedang melakukan uji emisi.

“Dinas Lingkungan Hidup juga harus pro aktif. Ya, kalau sumber masalahnya ditemukan sehingga terjadi polusi dan pencemaran nanti kita lihat apakah kita rekom penutupan sementara atau bagaimana, kita tunggu Ketua Komisi III dulu ya,” pungkasnya. [Red/Irw/Tim].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.