AKBP Mariyono: Masyarakat Jangan Khawatir, Bahan Penyemprotan Disinfektan Aman Bagi Manusia dan Lingkungan

AKBP Mariyono: Masyarakat Jangan Khawatir, Bahan Penyemprotan Disinfektan Aman Bagi Manusia dan Lingkungan

MEDIAANDALAS.COM, SERANG –  Kabupaten Serang (Banten), Dalam operasi Aman Nusa II, Kepolisian Resor Serang dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Serang, melakukan penyemprotan disinfektan dengan mobil AWC di jalan raya.

Kapolres Serang AKBP Mariyono, mengatakan, dari tim Urdokkes Polres Serang sudah memastikan kandungan yang digunakan dalam bahan penyemprotan disinfektan aman, baik untuk lingkungan maupun manusia. Sebab, kandungan bahan Benzalkonium Chloride yang terdapat dalam bahan tersebut, juga umum digunakan dalam produk antiseptik, seperti sampo, sabun, dan obat tetes mata.

Kandungan bahan Benzalkonium Chloride ini dapat berfungsi untuk membunuh jamur, virus, serta mikroorganisme yang lain. Bahan tersebut merupakan zat kimia yang berfungsi sebagai antiseptik jika digunakan dalam konsentrasi rendah. Tetapi juga dapat berfungsi sebagai disinfektan jika digunakan dalam konsentrasi tinggi.

“Penyemprotan disinfektan menggunakan komposisi bahan Benzalkonium Chloride sudah dipastikan aman dari tim Urdokkes Polres Serang, bahan tersebut umum digunakan sebagai bahan antiseptik dan disinfektan. Mulai obat tetes mata, sampo, dan hand sanitizer,” kata AKBP Mariyono, Jum’at (27/03/2020).

Sementara itu, pihaknya memastikan, jika Benzalkonium Chloride bahan dasar penyemprotan disinfektan aman untuk manusia. Apalagi, isi kandungan dalam bahan tersebut, merupakan salah satu bahan kimia yang digunakan sebagai antiseptik. Jadi kandungan isinya yang kita gunakan dalam penyemprotan merupakan bahan kimia yang biasa digunakan antiseptik, bukan antibiotik.

“Provinsi Banten dalam status KLB. Sosialisasi social distancing dan physical distancing harus dipahami masyarakat. Kami bekerja untuk kamu, kamu di rumah untuk semua, untuk Indonesia. Bersama sama lawan Covid-19,” tutur AKBP Mariyono. [Agus Sipriyono].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.