Wali Kota Tabur 16 Ribu Benih Ikan di Gampong Lamdom

MEDIAANDALAS.COM, BANDA ACEH – Komitmen Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman guna membangkitkan perekonomian masyarakat terus diwujudkan, berbagai inovasi dan program dikembangkan di segala bidang, salah satunya pembudidayaan ikan air tawar.

Hal itu mengemuka pada saat wali kota menyerahkan ribuan benih ikan air tawar kepada kelompok usaha warga sekaligus penebaran secara simbolis benih ikan di Gampong Lamdom, Kecamatan Lueng Bata, Rabu (6/1/2021).

Tiba di lokasi Gampong Lamdom, wali kota yang didampingi Kadis Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Zulkifli Syahbuddin, Camat Lueng Bata Mustafa, Kabag Humas Pemko Said Fauzan, Geuchik Gampong Lamdom Sulaiman langsung melakukan penebaran benih ikan di 6 kolam air tawar.

Sebanyak 16.000 ekor benih ikan yang merupakan jenis ikan lokal yang biasa hidup di air tawar terdiri dari 10.000 ekor benih ikan gabus, 3.000 lele dan 3.000 benih ikan nila ini dikelola oleh kelompok ternak ikan Na Usaha di Gampong Lamdom.

Dalam kesempatan tersebut wali kota mengatakan dengan telah diberikan benih ikan tersebut akan membangkitkan ekonomi kerakyatan dan mengembangkan lapangan kerja.

“Program ini kita harapkan bisa meningkatkan ekonomi dan juga penghasilan bagi warga, memberikan kesempatan lapangan kerja bagi masyarakat dan hasilnya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk produk-produk UMKM,”katanya.

Kata wali kota kegiatan penebaran benih ikan lokal ini juga bertujuan sebagai pemenuhan ketahanan pangan dalam rangka penanggulangan dampak Covid-19 sesuai dengan program Pemerintah Aceh.

“Langkah ini selain mendongkrak produktivitas budidaya perikanan juga bentuk upaya Pemerintah Kota untuk mengantisipasi dampak covid-19 dan ancaman krisis pangan,” jelasnya.

Ketua kelompok ikan air tawar Na Usaha Fauzan menyampaikan terima kasih atas bantuan benih ikan tersebut dan mengapresiasi program wali kota dalam meningkatkan ekonomi warga.”Semoga terobosan wali kota ini akan meningkatkan pendapatan warga,” harapnya. [AD]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.