Wakil Bupati Dan Kapolres Pidie Pemateri Acara Pembinaan Penyuluh Agama Islam

MEDIAANDALAS.COM,SIGLI – Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud, ST membuka serta menjadi Narasumber pada acara Pembinaan Penyuluh Agama Islam Non PNS Kabupaten Pidie Angkatan II Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Pidie. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Kemenag setempat, Selasa (07/09/2021).

Sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut, selain Wabup juga oleh Kapolres Pidie, AKBP Padli, S.H.,S.I.K.,M.H, dan Kaban Kesbangpol, Drs.Mukhtar Ahmad. Turut hadir Kasubbag Tata Usaha Tarmizi, S.Ag, Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALU) H. Hasanuddin, S.Ag, Para Kasi serta para penyuluh di lingkungan Kantor Kemenag Pidie, Provinsi Aceh.

Penyuluh agama Non PNS merupakan mitra Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama yang melaksanakan tugas bimbingan dan penyuluhan untuk mewujudkan masyarakat islam yang taat beragama.

Usai membuka acara, Wabup Pidie yang juga Narasumber memberikan materi Pembinaan Pengarusutamaan Moderasi dan Wawasan Kebangsaan bagi Penyuluh Agama Islam Non PNS. Materi turut diberikan pula oleh Kapolres Pidie pada sesi kedua dan Kaban Kesbangpol Pidie pada sesi ketiga.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Pidie menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar para penyuluh memahami tugas pokok serta fungsi penyuluh agama islam.

Kegiatan ini penting dilaksanakan agar para penyuluh lebih memahami dan mendalami tugas dan fungsinya sebagai penyuluh Agama Islam serta menambah wawasan sehingga dapat mendukung peran penyuluh dalam melaksanakan dakwah di lingkungan masyarakat dengan paham keagamaan yang moderat. Kegiatan, kata Wabup.

“Dengan kegiatan seperti ini kita juga berharap dapat mempertahankan nilai-nilai Agama dalam lingkungan masyarakat serta dapat memperkuat kekompakan dan mempererat hubungan silaturrahmi antara sesama penyuluh,” ujarnya.

Wakil Bupati Pidie juga memberikan Apresiasi yang tinggi serta ucapan selamat datang kepada para peserta penyuluh yang mengikuti acara pembinaan.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Pidie, Drs H. Abdullah AR, M.Ag selaku Ketua Panitia menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka mewujudkan ketertiban dalam masyarakat beragama. Kegiatan ini diikuti oleh 134 Penyuluh Agama Islam Non PNS Kabupaten Pidie, yang dibagi menjadi 4 Angkatan, singkatnya.[As]

Author: Marzuki