TNI-POLRI Banda Alam Bersinergi, Bantu Bersihkan Rumput Petani Sawi

MEDIAANDALAS.COM,ACEH TIMUR – Personel TNI-POLRI dari Babinsa Koramil 18/Banda Alam Kodim 0104/Aceh Timur Serka Dedi Syahputra bersama Babinkamtibmas Polsek Banda Alam Polres Aceh Timur Bripka Jainudin membantu petani membersihkan rumput yang menggangu tanaman sawi, di ladang milik bapak Mansyur (65), bertempat di Gampong Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Jum’at (02-04-2021).

Kesuburan pertumbuhan tanaman sawi tidak hanya dengan diberikan pupuk serta disemprot saja, akan tetapi rumput di sekeliling tanaman padi juga harus selalu dibersihkan sehingga ketersediaan makanan untuk tanaman sawi ini tidak diserap oleh rumput pengganggu.

Disela-sela kegiatan membantu Bapak Mansyur, Babinsa menyampaikan bahwa tindakan paling dini dalam upaya menghindari kerugian akibat serangan rumput adalah pencegahan untuk mengurangi pertumbuhan rumput-rumput liar.

Pencegahan tersebut merupakan langkah yang paling tepat untuk menjamin tumbuh kembangnya tanaman sawi, sehingga kerugian yang ditimbulkan dari gangguan rumput ini bisa dihindari,” tuturnya.

Sementara Babinkamtibmas Bripka Jainudin menambahkan, bersama petani bercocok tanam sampai hingga panen nanti, merupakan bentuk pendekatan emosional terhadap masyarakat binaan dan untuk memperlancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan meningkatkan program swasembada pangan,” ujarnya.

Mustafa pemilik lahan menyampaikan, dengan terlibatnya Babinsa di program pendampingan pertanian, saya pribadi mengucapkan banyak terimakasih.

Dan kami sebagai petani merasa sangat terbantu dengan hadirnya bapak Babinsa dan Babinkamtibmas yang berkenan membantu saya mencabut rumput di sekeliling tanaman sawi ini, dan semoga hasil panen nanti mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga program swasembada pangan bisa tercapai,” ucap Mustafa penuh haru.[Marzuki]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.