Tim Informasi Gugus Tugas Covid-19 Aceh Tamiang: 1 Positif Dinyatakan Sembuh

Tim Informasi Gugus Tugas Covid-19 Aceh Tamiang: 1 Positif Dinyatakan Sembuh

MEDIAANDALAS.COM, ACEH TAMIANG – Tepat 14 hari sejak keberangkatannya ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh pada tanggal 24 April 2020, sore ini Kamis (07/05/2020), PDP Terkonfirmasi Positif 01 dinyatakan sembuh. Informasi ini disampaikan langsung oleh Tim Informasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dr. Hardekky kepada Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang Agusliayana Devita, S.STP, M.si.

PDP Terkonfirmasi Positif 01 AJ merupakan warga Rantau Aceh Tamiang yang pertama sekali di nyatakan Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Tamiang berdasarkan hasil Uji Swab yang dilakukan oleh Badan Penelitan dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh pada tanggal 25 April 2020 yang kemudian diumumkan pada tanggal 30 April 2020.

Setelah mendapatkan perawatan dan penanganan dari Para Pihak Medis RSUDZA, akhirnya AJ dinyatakan sembuh berdasarkan pengambilan sampel Swab pada tanggal 05 Mei 2020 dan baru dikeluarkan hasilnya pada hari ini dengan hasil Terkonfirmasi Negatif Covid-19.

Informasi kesembuhan AJ ini sekaligus menambah daftar PDP Terkonfirmasi Positif Covid-19 yang sembuh menjadi 3 orang, dimana sebelumnya 2 rekannya yang memiliki riwayat perjalanan yang sama dari Magetan Jawa Timur sudah terlebih dahulu dinyatakan sembuh dan Terkonfirmasi Negatif Covid-19. Sedangkan 1 masih menjalankan perawatan di RSUDZA yang merupakan PDP Terkonfirmasi Positif 03 warga Tamiang Hulu.

“Mudah-mudahan dengan penanganan yang maksimal di RSUDZA, MF juga akan segera sembuh, Mari kita berdo’a dan memberikan dukungan kepada MF untuk sembuh dan dapat segera pulang seperti rekannya yang lain” ujar Hardekky.

Sampai dengan saat ini, jumlah Data Sebaran di Aceh Tamiang terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) berkurang menjadi 3 orang, Orang Selesai Pemantauan 91 orang, PDP di rawat/dirujuk tidak ada, sedangkan PDP yang telah sembuh 3 orang.

Meskipun sudah dinyatakan sembuh atau Negatif Covid-19, Pasien PDP harus tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan dan berdo’a, kedua hal ini merupakan kunci utama mencegah sebaran Covid-19 meluas di Bumi Muda Sedia serta agar tidak terulang kembali terkonfirmasi positif.

Pemkab Aceh Tamiang tak jemu-jemu menghimbau masyarakat Aceh Tamiang khususnya masyarakat sekitar pemukiman pasien agar dapat memberikan dukungan moril serta semangat kepada pasien dan keluarga selama menjalani masa isolasi mandiri dirumah. Teruntuk juga masyarakat luas agar dapat menjalani pola hidup sehat dengan meningkatkan imunitas tubuh, selalu berfikir positif dan bahagia, menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan. Dengan berperilaku hidup bersih dan sehat yakinlah Covid-19 dapat sembuh dan tentunya diiringi dengan do’a dan berfikir positif.

(Dedy Sitompul)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.