Tim Gabungan Hingga Kini Masih Terus Bersinergi Padamkan Karhutla Dikecamatan Babahrot

MEDIAANDALAS.COM,ABDYA – kebakaran lahan yang terjadi beberapa waktu lalu membuat Tim Gabungan TNI, Polri, BPBK dan Masyarakat setempat hingga kini terus bekerja keras berjibaku memadamkan titik api akibat kebakaran lahan tersebut.

Dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat dan mempersempit meluasnya kebakaran lahan Tim Gabungan terus berupaya memadamkam api yang terjadi di wilayah Kecamatan Babahrot, Minggu (21/2/2021)

Pemadaman api yang dilakukan Tim gabungan ini sudah memasuki hari kelima, dimana kebakaran lahan tersebut terjadi, pada Selasa (16/2/2021) lalu

Kapten Inf Mohd. Arifin (Danramil 07/Babahrot) mengatakan,” Lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan gambut dengan luas kurang lebih 3 Ha,

Lamanya proses pemadam diakibatkan sumber air dan lokasi kebakaran lumayan jauh, selang yang dipergunakan tidak sampai sehingga harus disambung dengan terkendala itulah proses pemadaman menjadi terhambat.

Ini merupakan lahan Gambut, tidak gampang mematikan api dilahan gambut, diatasnya mati akan tetapi dibawahnya masih menyala, hal itulah salah satu kendala yang kami hadapi sehingga proses pemadaman memakan waktu yang lama dan pemadaman ini kami lakukan mulai dari pagi hingga sore.

Lanjut Danramil mengatakan, Ini merupakan ulah dari manusia, dan pembakaran ini sengaja dilakukan untuk meraup keuntungan sendiri akan tetapi menyusahkan dan merugikan orang lain.

Berbagai upaya telah kami lakukan dalam mencegah terjadinya Karhutla kepada masyarakat, salah satunya adalah mensosialisasikan langsung kepada masyarakat tentang dampak yang diakibatkan dari kebakaran tersebut.

Namun semua upaya yang kami lakukan sia-sia dikarenakan masyarakat tidak mengindahkan himbauan Kemi tersebut, hal tersebut terbukti dengan masih adanya lahan yang sengaja dibakar oleh masyarakat.

Untuk itu kami berharap kepada masyarakat untuk sama-sama saling peduli dan mau bekerjasama dalam mencegah terjadinya kebakaran lahan, yaitu dengan saling mengingatkan antara satu dengan yang lain, karena dengan adanya kebakaran Karhutla semua kalangan dapat dirugikan bahkan hingga kepada anak-anak kita, dengan adanya kerjasama dan saling mengingatkan saya yakin Karhutla tidak akan terjadi lagi diwilayah kita ini,” Imbuh Danramil.[Marzuki]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.