Sinergitas Program Kerja MAA Kecamatan, MAA Kabupaten, dan MAA Provinsi Aceh

Sinergitas Program Kerja MAA Kecamatan, MAA Kabupaten, dan MAA Provinsi Aceh

Sinergitas Program Kerja MAA Kecamatan, MAA Kabupaten, dan MAA Provinsi Aceh

MEDIAANDALAS. COM, ACEH BARAT – Rapat Kerja Tahunan Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Barat tahun 2020 menitikberatkan pada Sinergitas Program Kerja MAA Kecamatan, Kabupaten, dan MAA Privinsi Aceh. Hal tersebut terungkap dalam sambutan tertulis Bupati Aceh Barat H Ramli MS., yang diwakili Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia dan Keuangan, Ir. Sayid Mahjali, MM. Di Gedung Cut Nyak Dhien Meulaboh Kamis (05/03/20). “Majelis Adat Aceh (MAA) kabupaten Aceh Barat harus mampu mengembangkan dan melestarikan objek wisata spiritual, seni, budaya, adat dan adat-istiadat serta olahraga sesuai dengan potensi kedaerahan (kearifan lokal).”

“Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menaruh perhatian besar terhadap nilai dan filosofi adat, hal itu telah menjadi komitmen pemerintah dan tertuang dalam misi kelima Pemkab Aceh Barat Periode 2017-2022,” ungkap Bupati Aceh Barat.

Ia juga menegaskan sesuai Qanun Kabupaten Aceh Barat Nomor 7 Tahun 2012, Majelis Adat Aceh Kabupaten Aceh Barat merupakan lembaga yang diberikan wewenang untuk menyelenggarakan pembangunan di bidang adat istiadat.

Untuk meujudkan keinginan tersebut, pemerintah daerah mengharapkan pengurus MAA di kabupaten dan kecamatan agar dapat mengetahui tugas pokok dan fungsinya secara mendalam, sebagai upaya pelestarian dan pembinaan adat istiadat di Kabupaten Aceh Barat.

“Melalui rapat kerja tahunan ini, kami harapkan pengurus MAA kabupaten dan MAA kecamatan dapat mensinergikan program kegiatan kabupaten dengan MAA Provinsi Aceh, sehingga dengan adanya koordinasi pelestarian budaya adat di Kabupaten Aceh Barat, serta nilai dan makna kebudayaan itu sendiri tidak akan luntur dan terus menjadi referensi bagi generasi yang akan datang,” sebut Sayid Mahjali.

Kepala Sekretariat MAA Kabupaten Aceh Barat Drs Hajar Aswad, kepada awak media mengungkapkan bahwa rapat kerja yang diikuti 50 peserta ini bertujuan melahirkan susunan program kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2021 yang akan datang. Program ini sekaligus diharapkan dapat bersinergi dengan program kerja seperti penguatan kelembagaan adat istiadat, pembinaan gampong adat, sosialisasi penyelesaian sengketa adat, pelestarian adat budaya, adat perkawinan, serta aneka kegiatan adat dan seni budaya lainnya.

Hajar Aswad menambahkan “Kami berharap dengan rapat kerja ini, program kerja yang akan dilaksanakan nantinya berasal dari pengurus kecamatan agar pelestarian adat dan budaya di Aceh Barat, ke depan semakin lebih mengakar dan lebih baik,” [Sayid].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.