Setiap Koperasi Mendapatkan Kontrak Selama Dua Tahun Dan Bisa Diperpanjang

Setiap Koperasi Mendapatkan Kontrak Selama Dua Tahun Dan Bisa Diperpanjang

Setiap Koperasi Mendapatkan Kontrak Selama Dua Tahun Dan Bisa Diperpanjang

MEDIAANDALAS.COM, ACEH TAMIANG – Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) sudah memasuki tahap kedua, sejak dimulainya pada tahun 2018 hingga sekarang terus mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Untuk mengetahui lebih jauh terkait kegiatan replanting para wartawan menemui sekretaris PSR di ruang kerjanya di Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (04/03/20).

Sekretaris PSR Edwar Fadli Yukti, SP menyampaikan, “Program replanting tahun 2018 pada bagian Hilir dilaksanakan oleh Koperasi Usaha Bersama dengan luas areal 256,3380 hektar dan sebagai mitra kerja yaitu Bank Aceh Syariah serta CV. Perapen Jaya. Wilayah Hulu oleh koperasi Wassalam dengan luas areal 1.379,6662 hektar dan sebagai mitra kerja yaitu Bank Aceh Syariah serta PT. PP. Pati Sari,” jelasnya.

“Setiap koperasi mendapatkan kontrak selama dua tahun dan bisa diperpanjang, itu merupakan ketentuan yang berlaku, sedangkan pihak Dinas tidak bisa mencampuri lebih jauh. Tugas Dinas Pertanian, khususnya tim PSR hanya memverifikasi data dan menilai hasil pekerjaan fisik.

Edwar menambahkan, “Tim PSR terdiri dari pihak Dinas Pertanian bidang Perkebunan yang dari awal telah melakukan sosialisasi terkait mekanisme standar penanaman kelapa sawit pada para Petani.” Ungkap nya.

“Untuk proses penarikan anggaran, pihak koperasi terlebih dahulu meminta penilaian dari tim PSR tentang volume pekerjaannya, tapi harus ada persetujuan dari para Petani dan mereka juga menanda tanganinya terlebih dahulu.” Ucap Edwar.

Edwar juga menyampaikan, “Dalam tahap dua tahun 2019 terdapat luas areal sekitar 3.091 hektar dilaksanakan oleh koperasi Bina Bersama, Mitra Tamiang, Karya Tani, Berekat, dan Usaha Bersama, sedangkan Koperasi Wassalam tidak termasuk, karena ada pekerjaan yang belum diselesaikan pada tahap satu,” tegasnya.

“Program PSR ini tidak hanya sekedar RP. 25 juta, tapi ada kegiatan pemeliharaan yang anggarannya bukan hibah dan nantinya bisa sampai pembuatan Pabrik Kelapa Sawit mini,”ungkap Edwar. [Eri Beo].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.