Selasa Nanti, Seluruh TK, SD dan SMP di Pidie Kenduri Apam(Serabi)

MEDIAANDALAS.COM,SIGLI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pidie, mengintruksikan kepada seluruh sekolah, TK,SD dan SMP untuk menyelenggarakan kenduri Apam (serabi) khas Aceh, pada selasa 23/02 nanti.

Surat Edaran bernomor 421/674/2021 tertanggal 16 Februari 2021 tentang Intruksi Kenduri Apam Massal tingkat TK/SD/SMP tersebut yang ditandatangani oleh Kadisdikbud Pidie,Drs.Ridwandi, sudah disampaikan kepada setiap Kepsek.

Kepada sejumlah awak media, Kadisdikbud Pidie menjelaskan,tradisi kenduri Apam ini dilaksanakan oleh masyarakat Aceh setiap memasuki bulan Rajab, dan budaya ini perlu dilestarikan sebagai tradisi indatu atau leluhur kita. Jumat(19/2/2021)

Dilanjutkan Kadis, tujuan dilaksanakan disetiap sekolah, agar mereka, anak-anak didik bisa lebih mengenal budaya sendiri yang mulai pudar, seiring dengan perkembangan zaman, termasuk kenduri Apam. Mengenal budaya suatu daerah merupakan bagian dari pelajaran yang diterapkan disetiap sekolah.

Sebelumnya, Kadisdikbud kepada media ini juga menjelaskan bahwa Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan pada tahun 2021 ini sebesar Rp.20.603.700.000.

Dana tersebut diperuntukan untuk kegiatan fisik dan nonfisik dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Pada tahun sebelumnya, 2018 DAK sebesar Rp 6 milyar, 2019 Rp.12 milyar dan 2020 sebesar 21,863 milyar.

Berbagai upaya dilakukan Disdikbud dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Pidie, bahkan para guru sendiri juga melaksanakan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan dimaksud, seperti kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di 9 wilayah,15 rayon dan 46 gugus. Disdikbud Pidie saat ini membawahi 226 TK, 278 SD dan 64 SMP, demikian keterangan dari Kadisdikbud Pidie.[As]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.