Sambut HPSN 2021, DLH Pidie Bekali Siswa Teknik Pengomposan Sampah

MEDIAANDALAS.COM,SIGLI -Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2021, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pidie,Prov.Aceh, melaksanakan kegiatan pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos yang bernilai ekonomis. 

Kegiatan yang diikuti oleh seratusan Siswa-Siswi SMPN 1 Sigli tersebut digelar di “Taman Bineh Krueng”, Kota Sigli. Sabtu, (20/02 2021).

Sebelumnya kegiatan ini, Pegawai DLH bersama petugas kebersihan turut melakukan pembersihan sepanjang bibir pantai pelangi depan Pendopo Bupati Pidie.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Pidie, Mutia Zuraida,S.E saat membuka acara tersebut mengatakan, pengolahan sampah harus mulai dikenalkan sejak dini kepada anak-anak. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengurangi produksi sampah maupun pencemaran lingkungan di masa mendatang.

“Pemerintah Kabupaten Pidie melalui DLH tengah gencar mengampanyekan penyelamatan lingkungan. Kegiatan yang kita selenggarakan ini merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan lingkungan di masa depan,” terangnya. 

Sementara Kepala DLH Pidie, Safrizal, S. STP, Mec.Dev yang ditemui awak media dilokasi kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen dan peran aktif Pemkab Pidie dalam melaksanakan pengelolaan sampah, salah satunya dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku yang dapat bernilai ekonomis.

“Kita komit untuk terus meningkatkan pelayanan dari berbagai persoalan sampah yang terproduksi setiap harinya”,ucap Kadis.

“Dengan diselenggarakan acara ini dapat menjadi transfer knowledge (berbagi pengetahuan/ilmu) mengenai cara pengelolaan sampah yang baik sejak dari rumah, yang salah satunya adalah teknik pengomposan sampah sehingga dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” jelas Safrizal. 

“Disamping itu kita juga mengingatkan kepada anak-anak bahwa sampah dapat menimbulkan beribu persoalan jika tidak ditangani dengan baik”, ungkap Kadis DLH Pidie.

Untuk diketahui (dari berbagai sumber), HPSN diperingati setiap 21 Februari, dimana Kementerian Lingkungan Hidup mencanangkan tanggal 21 Februari 2006 sebagai Hari Peduli Sampah Nasional untuk pertama kalinya.  

Peringatan ini muncul atas Ide dan desakan dari berbagai pihak untuk mengenang tragedi Leuwigajah,Cimahi,Jabar, pada 21 Februari 2005.

Pada tragedi tersebut,157 nyawa melayang serta dua desa, Cilimus dan Pojok hilang dari peta, akibat ledakan Gas metana dari tumpukan sampah yang menggunung ditempat tersebut. [As]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.