Rangkaian Peringatan HAB Ke -75 Kemenag Pidie Diisi dengan Santunan Yatim Dan Donor Darah

MEDIAANDALAS.COM, SIGLI – Dalam suasana gerimis hujan,sekitar 200-an peserta mengikuti peringan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kemenag, kegiatan berlangsung di halaman kantor Kemenag Pidie, Selasa (05/01/2020), dan bertindak sebagai pembina upacara Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Apriadi, S.Sos.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan, meliputi santunan kepada puluhan yatim dari keluarga besar Kemenag Pidie, kemudian santunan kepada pensiunan Kemenag dan penyerahan penghargaan Guru Inspiratif kepada Nurul Hafni,S.Pdi dari Min 50 Pidie.

Dilanjutkan penyerahan Satya Lencana kepada ASN jabatan Struktural maupun fungsional masa bakti 20 tahun, sekalian juga penyerahan trophy untuk juara Futsal dalam rangka HAB ke-75.

Rangkaian acara berakhir dengan kegiatan Donor Darah, kegiatan diikuti oleh unsur Forkopimda, Kakan Kemenag, serta para Peserta. Kegiatan Donor Darah ini yang bekerja sama dengan PMI Pidie berhasil mengumpulkan puluhan kantong darah yang akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qaumas,pada acara tersebut yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, mewakili Bupati Pidie, dimana pada bagian akhir sambutan menyebutkan, ada tiga kata kunci tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama.

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk didalamnya penyelenggaran haji dan umrah, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi beragama.Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan,budaya toleransi,dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, persaudaraan, meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air,serta mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Disela kegiatan, Kepala Kantor Kemenag Pidie, Drs.Abdullah AR, M,Ag kepada Medua Andalas, menjelaskan upacara HAB Ke-75 yang mengusung tema “Indonesia Rukun”, seyogianya dilaksanakan pada 3 januari 2021, sesuai hari lahir Kemenag (3 januari 1946), berhubung ada surat edaran dari sekjen Kemenag agar dilaksanakan serentak pada 5 januari 2021.

“Pergeseran waktu acara ini berkaitan libur panjang kemarin.Juga batasan peserta pada upacara mengingat kondisi pandemi Covid-19”, jelas Kakan Kemenag.

“Pada tahun ini kegiatan cukup sederhana, kita menerapkan protokol kesehatan Covid-19, jadi pesertapun kita batasi,hanya mewakili dari unit kerja”,akhirinya. [As]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.