Melalui Musyawarah Tiyuh, Polemik Patung Semar di Tiyuh Toto Mulyo Sepakat Akan Diganti Icon Budaya Lampung

Melalui Musyawarah Tiyuh, Polemik Patung Semar di Tiyuh Toto Mulyo Sepakat Akan Diganti Icon Budaya Lampung

MEDIAANDALAS.COM, TUBABA – Polemik terkait viralnya pembangunan tugu patung Semar yang beredar di medsos dan pemberitaan kini telah menemukan titik terang melalui musyawarah. Kamis (07/05/20).

Diketahui pembangunan tugu patung Semar tersebut dalam pembangunan mengunakan Dana Desa (DD) berada di simpang Mail Tiyuh Toto Mulyo Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Dalam musyawarah, Camat Gunung Terang Dahyi Adiwijaya berharap terkait prihal Patung Semar tidak berkembang menjadi luas dalam pemberitaan yg saat ini viral, Maka dari itu.

“Saya mengundang seluruh elemen masyarakat baik tokoh pribumi ataupun tokoh masyarakat Tiyuh Toto Mulyo untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan,” ungkapnya.

Kapolsek Gunung Agung AKP Tri Handoko menjelaskan, “Saat ini masalah patung tersebut telah di tangani kabupaten melalui musyawarah tiyuh. Mari kita bersama-sama mencari solusi yang terbaik agar jangan mudah terpancing di media sosial dan tidak terprovokasi ikut memanaskan suasana,” ajak Kapolsek

Kepala Dinas Pemberdsyaan Masyarakat Tiyuh (PMT), Miral Hayadi menerangkan bahwa, nanti jika akan merubah dan menurunkan patung tersebut pasti akan menurunkan biaya, maka dari itu agar aparat tiyuh mulai merapatkan untuk menganggarkan pada APBT perubahan 2021.

Tokoh Adat Megou Pak Tubaba Suwai Umpu Gunung Terang Samsurijal mengungkapkan, “kami dari warga masyarakat adat dari suwai umpu mengharapkan terkait tugu Semar tersebut untuk sepakat bersama-sama mencari solusi.

Sebenar nya terkait munculnya tugu semar itu tidak akan ribut jika saja dalam rencana pembangunannya melalui musyawarah bersama tokoh masyarakat dan melibatkan adat setempat.

Adapun kesepakatan hasil dalam musyawarah tersebut adalah patung tugu semar akan di ganti dengan icon yang lain mengenai budaya lampung, untuk icon di serahkan sesuai musyawarah Tiyuh Toto Mulyo.

Polemik tugu patung Semar di simpang Mail Tiyuh Toto Mulyo Kecamatan Gunung Terang

Kemudian untuk sementara patung tersebut akan di tutup menggunakan terpal, mengingat saat ini bulan Ramadhan sampai dengan pembangunan dilaksanakan sehabis hari Raya Idul Fitri. [Basuni]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.