LSM Basmi Minta Tim Investigasi Bentukan Inspektorat Tubaba Serius Periksa Tiap Sekolah Penerima DAK TA 2019

LSM Basmi Minta Tim Investigasi Bentukan Inspektorat Tubaba Serius Periksa Tiap Sekolah Penerima DAK TA 2019

MEDIAANDALAS.COM, TUBABA – Usai dilaporkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Muda Indonesia (LSM-BASMI) Provinsi Lampung, Inspektorat Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan segera melakukan pengecekan dan saat ini telah membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan di setiap sekolah yang menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Fisik di Dinas Pendidikan Tahun Anggaran 2019.

Hal tersebut dikatakan Muslim selaku Kepala Sub Bagian Umum Inspektorat Kabupaten Tubaba saat di wawancarai di ruang kerjanya, dirinya mengatakan bahwa Saat ini pihaknya sudah membentuk Tim untuk melakukan pemeriksaan dan penelaahan mengenai laporan yang di laporkan oleh LSM-BASMI Provinsi Lampung, Pada 24 Februari 2020.

“Saat ini kita sudah membentuk tim dan itu tinggal menunggu tanda tangan dari Bapak Sekda lagi”. Kata dia.

Muslim mengatakan sampai saat ini pihaknya sudah melakukan pemanggilan kepada Jumadi Kabid Dikdas dan Doni Novalian selaku PPTK pada pelaksanaan DAK Fisik Dinas Pendidikan Tahun Anggaran 2019.

“Sementara dari hasil pemanggilan mereka membantah atas semua yang di laporkan dan mereka mengatakan bahwa semua sudah di kerjakan sesuai dengan ketentuan, tapi itu kan keterangan dari mereka dan dari orang yang memberikan keterangan tertulis seperti yang dilaporkan belum kita dengar.” Ucapnya.

Untuk menelaah keterangan seperti yang di sampaikan oleh Kabid Dikdas Jumadi dan Doni Novalian Selaku PPTK serta laporan yang disampaikan masih kata Muslim, “Memang perlu waktu cukup lama namun pihaknya akan menjadwalkan untuk melakukan pemanggilan terhadap beberapa orang yang telah memberikan keterangan tertulis sesuai yang telah di laporkan.”

Sementara saat di konfirmasi Hamdani M, SH selaku Ketua DPD LSM Barisan Muda Indonesia (BASMI) Provinsi Lampung menegaskan kepada pihak Inspektorat agar dapat memperhatikan dan mengkaji apa yang sudah dilaporkan karena menurutnya kegiatan tahun 2019 itu pastinya sudah di periksa dan diawasi oleh Inspektorat.

“Inspektorat itu kan punya peran dan wewenang untuk melakukan pemeriksaan dan pengawasan, apalagi kegiatan itukan tahun lalu. Yang jadi pertanyaan kita, hasil dari pemeriksaan dan pengawasan mereka khususnya Dana Alokasi Khusus Bidang Fisik Dinas Pendidikan Tahun Anggaran 2019 itu seperti apa.” Cetusnya.

“Kami  juga meminta informasi dari pihak Inspektorat terkait hasil Audit BPK tentang laporan penggunaan Anggaran DAK Bidang Fisik Tahun 2019 sebagai bentuk keterbukaan informasi publik sesuai UU No 14 Tahun 2008.” Pungkas Hamdani.

Dirinya pun berharap agar pihak Inspektorat dapat segera melakukan pemanggilan kepada beberapa orang yang memberikan keterangan tertulis sebagaimana yang telah terlampir pada laporan tersebut. [Basuni].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.