KUNJUNGAN KERJA PEMBUKAAN K3 MENTERI KETENANGAKERJAAN ACEH

MEDIAANDALAS.COM,BANDA ACEH – Universitas Iskandar Muda (UNIDA) melaksanakan seminar K3 Nasional berlangsung di aula Auditorium Pasca Sarjana di UNIDA “Penguatan sumber daya manusia yang unggul dan berbudaya K3 pada semua sektor Usaha”, Yang dihadiri oleh Ketua Seminar Asosiasi K3 Pusat, Asosiasi K3 Aceh, Depnaker, Dan Perserta Online Asosiasi K3 Indonesia, Depnaker Seluruh Indonesia Pelaku Usah Dan Penguruan Tinggi Universitas. Senin (11/01/2021).

Pada Tahun 2004 Aceh dilanda Tsunami pada saat itu kampus Universitas hancur dan rusak berat diakibatkan air dan gelombang yang sangat kuat, kampus unida secara bertahap membenahi diri dengan bertahap demi kedepannya. “Sesuai visi dan misi iskandar muda mempunyai program wirausaha di lamteuba dan menyiapkan pesantren baik kegiatan kuliah dan usaha. Pada tahun 2020 yayasan UNIDA telah mengajukan permohonan tenaga kerja akan tetapi memaklumi akibat kondisi Covid-19 yang melanda sehingga program tersebut tertunda.” Ujar Ketuan Yayasan Iskandar Muda Drs.H.A Malik Raden MM.

MENTERI KetenagaKerja Drs.Hj. Fauziah, M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan “Dengan keadaan covid ini menjadi tantangan bagi kita semua. Meningkatkan sumber manusia (SDM) di Aceh, mengajak bapak dan ibu sekalian untuk melihat kondisi tenangakerjaan dengan data Nasional BPS menunjukkan pada agustus 2020 jumlah angkatan kerja di Indonesia mencapai 138 juta penduduk yang terdiri dari 128 juta yang penduduk yang bekerja dan 9,7 juta yang tidak bekerja dengan tingkat pengangguran terbukanya mencapai 7,07 % ada peningkatan jumlah dan tingkat pengangguran yang signifikan karena adanya pandemic Covid-19 ini, 

kita km

Menteri Fauziah mengungkapkan “Data dari BPKS Aceh ada 29,12 juta penduduk usia kerja yang terkena berdampak pandemic. Diliht dari data provinsi aceh menunjukkan dengan jumlah pengangguran sebanyak 167 ribu orang tidak bekerja sebanyak 6,69% sehingga adanya kenaikan 0,49% dari data sebelumnya dan diperkirakan ada data nasional menujukkan dari keseluruhan yang bekerja ada 57% , Ini diakibatkan karena pendidikan rendah yang masih dilingkungan masyarakat SD maupun SMP sehingga problem ini diakibatkan memiliki skill yang rendah dan pengangguran yang banyak. kondisi aceh yang lumayan baik dengan jumlah signigfikan yang bekerja itu hanya 46% jadi di bawah rata-rata nasional .

Negara Indonesia masih tertinggal dari Negara-negara lain sehingga ini merupakan upaya kita dalam menciptakan SDM yang baik dan meningkat sehingga kita dapat menjadi Negara yang bagus dengn sumber daya yang kwalitas dan memajukan SDM adalah kunci kemajuan Negara. Kegiatan Kementrian tenaga kerjaaan memperbaiki ekosistem tenaga kerjaan dan dilakukan tenaga kerjaan yang kondusif bagi pengusaha dan pekerja baik perbaikan regulasi dibidang tenaga kerjaan berdasarkan UUD cipta kerja dengan menciptakan tenaga kerja yang kondusif yang tidak hanya bagi pekerja dan pengusaha akan tetapi kedua-duanya dan meningkatkan tenaga kerja dengan jaminan yang social baru yaitu ada di UUD cipta kerja, dan melakukan masifasi tenaga kerjqa yang fleksibel nantinya.

Harapan kita akan menjadi supor system yang unggul bagi setiap industry masalah tenaga kerja terkait keselamatan dan kesehatan kerja dengan membangun budaya yang baik maka dari itu menurunkan kecelakaan tenaga kerjaan tahun 2019 dan tahun 2020 mencapai peningkatan dan BPJS mencatat ada 77 ribu kasus kecelakaan kerja atas dasar itu kita harus lebih serius dalam melaksanakan K3 dalam segi aspek apapun . K3 merupakan kunci meningkatkan kwalitifitas apalagi dalam pandemic karena merupakan aspek kita agar dunia lebih produktif dalam meningkatkan kualitas kerja dan meningkatkan budaya yang baik, dan harapan k3 menjadi sebah mansad dan mengembangkan kualitas secara terus menerus sehingga secara otomatis k3 dapat dilakukan dengan baik.[Savira Mutia]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.