Kodim 0102/Pidie Bantu Upaya Pihak BKSDA Aceh Halau Sekawanan Gajah Liar di Keumala

MEDIAANDALAS,COM,SIGLI -Masyarakat Kemukiman Keumala diresahkan dengan sekawanan Gajah liar yang dikabarkan mulai memasuki kawasan perkebunan warga Gampong Keumala Dalam dan Gampong Cot Seutui, Kecamatan Keumala, Pidie, Provinsi Aceh.

Menurut informasi petugas Conservation Respon Unit (CRU) Rayon Pidie, Kausar, membenarkan bahwa terdapat Sekawanan Gajah liar yang memasuki perkebunan warga Gp.Keumala Dalam dan Gp.Cot Seutui, Kamis (22/07/2021).

Menurutnya, pihak CRU telah melakukan upaya pencegahan dengan memasang Barier Power Fencing (kabel arus listrik kejut) sebagai rintangan atau penghalang, serta alat penghalau petasan dan gajah jinak, agar tidak terjadi perusakan tanaman warga.

Namun pihaknya merasa kesulitan, karena Kawanan Gajah liar tersebut, selalu berpindah-pindah jalur lintasan, sehingga sangat menyulitkan petugas khusus dalam mengatasi dan pengusiran Gajah liar, maupun efektivitas terhadap pemasangan Kabel arus listrik kejut.

Sementara,Dandim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sonatha,S.E.,M.I.P, saat dikonfirmasi awak media ini membenarkan Informasi tentang Gajah liar di Keumala. Pergerakan sekawanan Gajah tersebut meresahkan dan membuat khawatir warga, kata Dandim.

Ia menghimbau kepada seluruh warga agar tetap tenang dalam menghadapi masalah Gajah liar.

Kodim 0102/Pidie akan mendukung upaya pihak BKSDA Aceh dalam mengendalikan kawanan Gajah liar, sehingga bisa pergi meninggalkan wilayah tersebut, ujar Dandim.

Diterangkan juga, saat ini Gajah-gajah liar sudah kehilangan habitat aslinya, sehingga harus turun mencari makan ke kebun-kebun warga, ini karena naluri alamiah, pungkas Dandim.[As]

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.