Kemenparekraf melalui Poltekpar Palembang Gelar Bimtek Destinasi Super Prioritas Danau Toba

Kemenparekraf bersama Poltekpar Palembang dalam acara Bimtek Destinasi Super Prioritas Danau Toba
Media Andalas
Follow me

Foto Bersama Kemenparekraf bersama Poltekpar Palembang dalam acara Bimtek Destinasi Super Prioritas Danau Toba. [KSP Sitanggang].

Kemenparekraf melalui Poltekpar Palembang Gelar Bimtek Destinasi Super Prioritas Danau Toba

Staff Ahli Pemerintahan
Staff Ahli Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Simalungun, Akmal Siregar, S.Kom., M.Si, Dosen Poltekpar Palembang, Zainal Arifin, S.St.Par. MM, Akademisi Poltekpar Medan, Dr. Femmy Indriany Dalimunthe, Iin Dwi Purwanti, SE., M.IKom, Kabag. Keuangan Sekretariat Deputi Bidang Pengembangan Industri Kelembagaan Kementerian Pariwisata. [KSP Sitanggang].

MEDIAANDALAS.COM, SIMALUNGUN – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi kreatif melalui Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang menggelar bimbingan teknis Sapta Pesona di Kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas yang dilaksanakan di Aula Hotel Inna Parapat, Kelurahan Tiga Raja, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (04/12/19).

Kegiatan bimbingan teknis sapta pesona yang diikuti 75 peserta dari pelaku wisata dan penggiat pariwisata serta instansi yang terkait kepariwisataan di Kabupaten Simalungun secara resmi dibuka Bupati Simalungun DR Jopinus Ramly Saragih,. SH,. MM,. yang di Wakilkan Staff Ahli Pemerintahan dan Kesra, Akmal Siregar, S.Kom.,. M.Si,. di dampingin Dosen Poltekpar Palembang, Zainal Arifin, S.St.Par,. MM,. Pudir I Poltekpar Medan, Dr. Femmy Indriany Dalimunthe.

Staff Ahli Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Simalungun, Akmal Siregar, S.Kom., M.Si, Dosen Poltekpar Palembang, Zainal Arifin, S.St.Par. MM
Staff Ahli Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Simalungun, Akmal Siregar, S.Kom., M.Si, Dosen Poltekpar Palembang, Zainal Arifin, S.St.Par. MM,. [KSP Sitanggang].

Bupati Simalungun dalam sambutanya yang di sampaikan Staff Ahli Pemerintahan dan Kesra, Akmal Siregar, S. Kom,. menyampaikan bahwa
“Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara masyarakat dan Dunia Industri Pariwisata, dimana masyarakat adalah sebagai garda terdepan yang akan menjadi potret keramahtamahan dari daerah tujuan wisata.”

“Dengan adanya kegiatan ini, nantinya masyarakat diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dan mengembangkan sumber daya manusianya, terkhusus masyarakat yang ada di sekitar kawasan Danau Toba Khususnya di Kabupaten Simalungun agar terciptanya wisata yang tidak hanya kaya oleh sumber daya Alamnya tetapi juga memiliki Sumber Daya Manusia yang handal dalam melakukan pelayanan terhadap wisatawan yang berkunjung serta menerapkan Sapta Pesona.” Paparnya.

Akmal Siregar juga mengharapkan “Agar kiranya para peserta sungguh-sungguh dalam mengikuti Bimbingan Tehnik (Bimtek) ini, dimana para pelaku pariwisata adalah salah satu pendukung kemajuan pariwisata. Tak lupa dengan bahasa penyemangat peserta di setiap kegiatan yang membuat  peserta menjadi segar,” pintanya.

Akmal Siregar, S.Kom., M.Si, Dosen Poltekpar Palembang, Zainal Arifin, S.St.Par. MM,  Iin Dwi Purwanti, SE., M.IKom, Kabag. Keuangan Sekretariat Deputi Bidang Pengembangan Industri Kelembagaan Kementerian Pariwisata
Akmal Siregar, S.Kom., M.Si, Dosen Poltekpar Palembang, Zainal Arifin, S.St.Par. MM,
Iin Dwi Purwanti, SE., M.IKom, Kabag. Keuangan Sekretariat Deputi Bidang Pengembangan Industri Kelembagaan Kementerian Pariwisata. [KSP Sitanggang].

“Untuk membangun pariwisata di kawasan Danau Toba khususnya di Kota Wisata Parapat, tak cukup hanya Sapta Pesona saja, namun kita orang Batak memiliki falsafah Poda Na Lima, yakni Paias Rohamu (bersihkan hatimu), Paias Pamatangmu (bersihkan badanmu), Paias Paheanmu (bersihkan pakaianmu), Paias Bagasmu (bersihkan rumahmu) dan Paias Alamanmu (bersihkan lingkunganmu),” ujar Siregar.

Sementara itu nara sumber yang di datangkan dalam Kegiatan ini dari Poltekpar Medan Dr. Femmy Indriany Dalimunthe, dalam Paparanya menyampaikan “Agar masyarakat selalu Mengembangkan objek-objek wisata yang ada di daerah masing-masing, selain itu masyarakat juga harus memberikan kesan pertama yang mampu membuat wisatawan nyaman berada di tempat Anda, yaitu dengan 4S: Senyum, Sapa, Salam dan Sentuhan, dan, harus tertanam juga dalam diri Anda untuk menggunakan magic words dalam dunia pariwisata,” ujar Femmy Indriany Dalimunthe.

Dalam Kesempatan yang sama Dosen Poltekpar Palembang Zainal Arifin, S.St.Par.MM menyampaika, peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata Mutlak di butuhkan.

“Jika Ingin Pariwisata Danau Toba mendunia dan menjadi destinasi pariwisata internasional, Pelayanan Prima adalah Hak Mutlak untuk memajukan wisata, Salah satunya adalah keramahtamahan adalah kunci terpenting dalam pengembangan kepariwisataan. Sebab, keindahan alam serta kekayaan budaya yang dimiliki suatu daerah akan sirna ketika wisatawan tidak mendapatkan keramahtamahan dan pelayanan prima di daerah wisata tersebut.” Ungkap Zainal

Zainal Arifin, S.St.Par., MM, menembahkan bahwa “pemerintah Pusat memilih Danau Toba menjadi 5 super prioritas pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional tentu karena memiliki alasan yang kuat yang diyakini nantinya mampu menjadi pendapatan utama negara.”

Dirinya juga menegaskan bahwa pelayanan prima bagi tamu adalah hal mutlak yang harus dilakukan jika ingin pariwisata di Danau Toba dapat bertumbuh dengan baik, karena pariwisata bisa berjalan dengan baik karena didukung oleh tamu.

“Ini membuktikan faktor keindahan bukan jadi jaminan. Karenanya, keindahan, kekayaan budaya dan pelayanan prima yang harus kita kemas, tentu dengan kemampuan sumber daya manusia kita, yang diyakini mampu menarik minat wisatawan untuk datang ke daerah kita,” ujarnya.

Zainal Arifin, yang juga dosen di Akademi Pariwisata Pelembang itu mengatakan bahwa “Ada 4 faktor dasar pariwisata yang harus kita miliki sebagai pelaku wisata, yaitu harus mau melayani orang lain serta ikhlas menyapa, punya keahlian dan perilaku sesuai bidangnya, memiliki rasa memiliki dan tanggung jawab dan memiliki keyakinan bahwa kesuksesan usaha wisata itu berasal dari tamu,” ungkapnya. [KSP Sitanggang].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.