Giliran 329 ASN Aceh Tengah Terima Langsung SK dari Pak Sekda

MEDIAANDALAS.COM,TAKENGON – Setelah tuntas ‘safari’ pemberian Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat dan pensiun di sepanjang lintas Timur, akhirnya Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah dan rombongan, menyerahkan SK untuk ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di jalur tengah. Sebanyak 329 orang ASN menerima SK langsung dari Sekda Taqwallah, dalam sebuah upacara di pelataran Kantor Bupati Aceh Tengah, Takengon, Minggu (21/03/2021) pagi tadi.

Hari libur tak menjadi penghalang bagi Sekda dan rombongan, para pejabat Aceh Tengah serta bagi ratusan ASN untuk hadir mengikuti prosesi acara, yang selama ini belum pernah mereka rasakan.

“Alhamdulillah, ini benar benar tak saya sangka, menerima SK langsung di lokasi tugas, bukan seperti selama ini, kami kadang menjemputnya ke Kota Banda, walau kadang tak jelas kapan siapnya. Terimakasih atas sebuah reformasi birokrasi yang penuh arti bagi kami ini,” kata Wirnaida, wanita kelahiran Aceh Tengah yang telah 12 tahun mengabdi di Dinas Pendidikan Aceh. Saat ini Wirnaida bertugas di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Aceh di Takengon, Aceh Tengah.

Yang justru membuat wanita ini semakin haru, bangga dan puas adalah tindakan Sekda Aceh yang bukan hanya sekadar menyerahkan SK tapi juga memperhatikan satu persatu, nama dan beberapa poin di SK.

“Kami wong cilik ini merasa benar-benar diperhatikan, dihargai dan tersanjung. Hebat! Pak Sekda mantap,” ujar Wirnaida, sembari mengacungkan jempol.

Pagi tadi, bersama 329 PNS lainnya, Wirnaida menerima SK Kenaikan Pangkat, yang langsung diserahkan oleh Sekda Aceh, di halaman Kantor Bupati Aceh Tengah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 197 PNS yang menerima SK adalah mereka yang mengabdi di Kabupaten Aceh Tengah. Sebanyak 53 PNS Penerima SK adalah tenaga pendidik dan 4 PNS merupakan tenaga administrasi di Cabang Dinas Pendidikan Aceh di Aceh Tengah. Dan 140 sisanya adalah ASN yang berasal dari sejumlah dinas, di Aceh Tengah.

Sementara itu, 133 lainnya adalah PNS yang mengabdi di Kabupaten Bener Meriah. Dari jumlah tersebut, 1 orang merupakan tenaga administrasi dan 65 orang lainnya adalah tenaga pendidik di Cabang Dinas Pendidikan Aceh di Bener Meriah dan 67 penerima SK lainnya merupakan PNS yang selama ini mengabdi di sejumlah dinas di Kabupaten Bener meriah.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh Iskandar AP yang ikut dalam rombongan Sekda Aceh saat penyerahan SK tersebut mengatakan, penyerahan SK Kenaikan Pangkat dan SK Pensiun secara langsung kepada yang bersangkutan, adalah salah satu bentuk penghargaan Pemerintah Aceh kepada para ASN yang selama ini mengabdikan diri di daerah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memangkas birokrasi, sebagai wujud dari semangat reformis Pemerintah Aceh.

“Ini adalah salah satu bentuk penghargaan kepada para ASN atau PNS. Pesan lain yang ingin disampaikan adalah agar para PNS mengetahui secara langsung bahwa tidak ada sesuatu yang harus dikeluarkan dalam bentuk finansial atau barang untuk mengurus dan mendapatkan SK Kenaikan Pangkat maupun SK Pensiun,” tandas Iskandar.

Iskandar menjelaskan, kegiatan ini adalah bentuk menghapus beberapa kebiasaan buruk di masa lalu, bahwa mengurus SK sangat lambat dan harus memberikan sesuatu.

“Hari ini teman-teman PNS dimuliakan. Pak Sekda selaku pimpinan tertinggi birokrasi atas nama Gubernur menyerahkan SK langsung kepada yang bersangkutan. Mudah-mudahan ini menjadi contoh bagi kita semua, bahwa saat ini Pemerintah Aceh secara bersungguh-sungguh terus berupaya melakukan reformasi. Saat ini, kita terus berbenah di semua sektor untuk mewujudkan birokrasi yang baik. Bukan sekedar lips service, reformasi birokrasi terus kita lakukan,” kata Iskandar.

Dalam kegiatan pembagian SK yang berlangsung dengan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat itu, Sekda Aceh turut didampingi Sekda Aceh Tengah Subhandy, Sekda Bener Meriah Helmi Yoga, Kepala Dinas BKPP Bener Meriah Kamaruddin, Kepala Dinas Kesehatan Bener Meriah Abdul Muis.[Ril/Filda]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.