Fungsi Pengawasan Harus Ditingkatkan, Untuk Mendukung Polisi Yang Netral Dalam Pilkada Serentak 2020

Fungsi Pengawasan Harus Ditingkatkan, Untuk Mendukung Polisi Yang Netral Dalam Pilkada Serentak 2020

MEDIAANDALAS.COM, JABAR – Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi yang diwakili oleh Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K, M.Si., M.M., membuka Rakernis Pengawas Itwasda Polda Jabar, Kamis (12/3/2020). Rakernis Itwasda Polda Jabar berlangsung di Aula Muryono Mapolda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung.

Hadir dalam kesempatan tersebut pejabat utama Polda Jabar, para pamen Itwasda Polda Jabar, Kasubbag Renmin satker Polda Jabar, Wakapolres/ta/tabes jajaran Polda Jabar, dan para Kasiwas jajaran Polda Jabar.

Kegiatan Rakernis Pengawas Itwasda Polda Jabar

Kapolda Jabar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakapolda Jabar, mengatakan bahwa kegiatan Rakerwas ini sebagai sarana untuk menyampaikan hasil analisa dan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan oleh Itwasda Polda Jabar dan Siwas polres jajaran selama tahun 2019. Selain itu untuk membahas rencana kegiatan ke depan dari fungsi pengawasan. Sehingga pada kesempatan tersebut diharapkan dapat diperoleh informasi, ide atau gagasan guna menemukan solusi terhadap berbagai permasalahan di lapangan dalam meningkatkan peran dan manfaat dari fungsi pengawasan di jajaran Polda Jabar.

Lebih lanjut Kapolda Jabar mengatakan, hal ini penting untuk disampaikan, mengingat fungsi Itwasda memiliki peran yang sangat strategis sebagai fungsi pengawasan intern, yang tidak terbatas pada fungsi audit semata, akan tetapi sebagai fungsi pembinaan terhadap pengelolaan sumber daya manusia, operasional, sarana prasarana dan keuangan Institusi Polri dalam menjalankan tugas Pokok, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Polri saat ini tengah dihadapkan kepada tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks, disertai dengan derasnya tuntutan masyarakat yang menginginkan Polri semakin profesional.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa salah satu program prioritas Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, M.Si., dalam “Promoter” adalah penguatan Pengawasan. Sehingga diharapkan melalui Rakerwas ini dapat meningkatkan kompetensi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Polri, terciptanya kesamaan persepsi dan sinergi antara pengawasan internal dengan eksternal serta meningkatkan kualitas hasil pengawasan untuk mendorong terwujudnya Polri yang profesional, modern dan terpercaya melalui clean government dan good governance.

Perlu diketahui, bahwa saat ini Polri dihadapkan pada agenda nasional yaitu Pilkada Serentak tahun 2020, sehingga perlu ditegaskan kembali bahwa setiap anggota Polri harus netral. Oleh karenanya peran dari fungsi pengawasan harus ditingkatkan dalam mendukung ketentuan tersebut. Buka saluran pengaduan masyarakat melalui e-dumas dan kerjasama dengan pihak eksternal. Segera tindaklanjuti apabila ditemukan penyimpangan yang dilakukan oleh anggota Polri bekerjasama dengan propam Polri.

Reporter Media Andalas Polda Jabar : [ Fanny ]

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.