Dosen UNIKI Memenangkan 23 Proposal Penelitiaan Hibah yang didanai oleh RISTEK-BRIN Tahun 2021

MEDIAANDALAS.COM , BIREUEN Kementerian Riset dan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (RISTEK-BRIN) telah mengeluarkan pengumuman penerima pendanaan Penelitian di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2021, Kamis (18/02/2021). Terdapat 6982 peneliti dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS) memenangkan hibah tersebut, baik Penelitian dosen pemula (PDP), Word Class Research, Penelitian Dasar Unggulan, Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi, ataupun Penelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi. 

Tidak terlewatkan, untuk PTS dalam wilayah XIII Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Aceh. Yang terus meningkatkan jumlah hibah dosen yang diraih. Tahun ini, menurut sumber RISTEK-BRIN, PTS di Aceh memenangkan 194 judul penelitian, dan yang terbanyak adalah penelitian dosen pemula (PDP). Distribusinya adalah 46,4 % terdapat di jenjang Universitas, 7,73% di Akademik, 9,80% pada perguruan tinggi berbentuk Politeknik dan 3,61% pada Sekolah Tinggi.

Tahun 2021 ini, dosen di lingkungan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) meraih 23 judul penelitian dosen pemula, dari 90 proposal yang tersedia di tingkat Universitas, atau sekitar 25,6 persen, sebagaimana disampaikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNIKI, Dr. Azhari, S.E., M.Si, Ak, CA pada awak media.  

Azhari menambahkan, tahun ini tim dosen UNIKI sempat mengirimkan 49 judul, dan Alhamdulillah 23 diantara dapat berhasil, menjadi peringkat kedua penerima hibah penelitian, di dalam lingkup LLDIKTI wilayah XIII Aceh, sebutnya. Penelitian ini nantinya, melibatkan tidak kurang 51 dosen dan akan juga melibatkan mahasiswa dalam kegiatan lapangannya, tambah Doktor bidang ekonomi ini.

Hal ini disambut baik oleh Rektor UNIKI, Prof. Dr. Apridar, SE., M.Si. Karena dalam 2 tahun berdirinya UNIKI, telah mampu memenangkan hibah penelitian. Tahun lalu, lanjut Apridar, baru mampu mendapatkan 7 judul penelitian yang didanai oleh RISTEK-BRIN dalam kegiatan yang sama, Alhamdulillah meningkat hampir lebih dari 300 persen untuk tahun ini. Saya berharap, akan dapat ditingkatkan kemudian hari, juga kita upayakan tahun depan LPPM UNIKI bisa meningkatkan peringkat atau gradenya, dari binaan ke madya, harap Apridar. [Mustaqim/Konedi]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.