Danrem 011/LW dan Wakil Bupati Pidie Ikuti Arahan Presiden RI Tentang Dalkarhutla Melalui Vidcon

MEDIAANDALAS.COM,SIGLI – Danrem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, S.E dan Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah T.M Daud, S.T, Mengikuti Pengarahan Presiden Republik Indonesia tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla)Tahun 2021, melalui video conference, di Gedung Pidie Convention Center (PCC), Senin, (22/02/2021).

Sebelum arahan Presiden, acara yang dipusatkan di Istana Negara tersebut dibuka sekaligus penyampaian laporan rapat koordinasi tentang Dalkarhutla oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI (Menkopolhukam), Prof.Dr. Mohammad Mahfud MD,S.H., S.U.,M.I.P.

Presiden RI, Joko Widodo dalan arahannya menyampaikan agar semua pihak terus melakukan antisipasi terhadap Karhutla.

“Walaupun sekarang sedang menangani masalah bencana banjir, tetap jangan lengah dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan”.tegas Jokowi.

Presiden RI juga menyampaikan beberapa langkah dalam pencegahan karhutla, antara lain, Prioritaskan upaya pencegahan, Monitoring lapangan harus terkonsolidasi, Melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dan perusahaan, Penataan ekosistem gambut harus terus dilanjutkan, Mencegah penyebaran api agar tidak meluas, dan Melakukan tindakan hukum dengan tegas.

Sementara itu Menkopolhukam Prof.M.Mahfud MD pada kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa upaya penanganan karhutla yang telah dilakukan sampai tahun 2020 akan terus dilanjutkan di tahun 2021.

“Pemerintah mengerahkan seluruh sumber daya secara maksimal yang terdiri dari TNI AU bersama BNPB serta didukung informasi dari KLHK dan BMKG dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan”. ujar Menkopolhukam.

Menkopolhukam RI juga menegaskan agar jangan merasa puas terlalu cepat, tetapi terus melakukan antisipasi dalam pencegahan kebakaran hutan.

“BMKG memprediksi akan terjadi curah hujan menengah hingga tinggi di tahun 2021 hingga bulan april, bulan mei akan menjadi fase transisi dari musim hujan ke musim kemarau,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0102/Pidie,Kapolres Pidie,Kajari Pidie, Sekdakab Pidie, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesra, Kadis Kominfo dan Sandi, Kadis LH, Kabag Prokopim Setdakab serta sejumlah pejabat Pidie terkait lainnya.[As]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.