Danramil 04/Bdh Normalisasi Saluran Irigasi Selamatkan Lahan Petani

MEDIAANDALAS.COM,ACEH TAMIANG- Sebagian besar petani di Kecamatan Bendahara mengandalkan air irigasi dan untuk bercocok tanam di sawahnya. Tapi di setiap di musim penghujan lahan sawah yang mereka kelola sering terkena banjir di sebabkan parit irigasi yang mendangkal.

Untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di sawah setiap musim penghujan Komandan Koramil 04/Bendahara Kapten Inf Said Muhammad bersama Muspika Kecamatan Bendahara mendatangi dan berkoordinasi dengan perusahaan PT. Pertamina Rantau untuk mengeluarkan alat berat exsavator dari PT. Pertamina Ep Rantau untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di lahan pertanian di Desa. Seunebuk Dalam Upah, Kecamatan. Bendahara, Kabupaten. Aceh Tamiang, Selasa (23/02/2021).

Pada kegiatan tersebut, Danramil 04/Bendahara Kapten Inf Said Muhammad menyampaikan kejadian banjir pada lahan sawah di wilayah Kecamatan Bendahara khususnya lahan sawah di Desa Seunebuk Dalam Upah yang selalu terjadi hampir setiap tahun di musim penghujan areal terdampak yang cukup luas ± 70 ha, sehingga para petani gagal panen setiap tahunnya.

Sehingga Kapten Inf Said Muhammad (Danramil 04/Bendahara) bersama Muspika Kecamatan Bendahara berkoordinasi dengan PT. Pertamina Ep Rantau untuk mengeluarkan alat berat exsavator dari PT. Pertamina Ep Rantau guna pengerjaan normalisasi paret irigasi sepanjang 3000 meter di wilayah pesawahan Desa Seunebuk Dalam Upah.

Dengan adanya normalisasi saluran irigasi tersebut diharapkan dapat menyelamatkan lahan yang terancam terendam banjir setiap tahunnya sehingga Harapan petani, dengan adanya normalisasi irigasi, aliran air akan lancar untuk mengairi sehingga ketika turun hujan air tidak meluap ke areal pertanian yang ditanami padi, sehingga gagal penen yang mulai mengintip petani ini bisa dihindari” ujar Kapten Inf Said Muhammad.

Kapten Inf Said Muhammad sangat berharap melalui Normalisasi Saluran Irigasi ini dapat mencegah terjadinya luapan air sungai irigasi ke areal pertanian di saat turun hujan. dan kegagalan panen yang di alami petani tidak terjadi lagi,” pungkasnya.[Marzuki]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.