Dandim 0102/Pidie Bersama Ketua Persit Tinjau Khanduri Apam di Sejumlah Sekolah Dalam Kab.Pidie

MEDIAANDALAS.COM,SIGLI -Komandan Kodim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, S.E.,M.I.P. bersama dengan ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim Pidie menghadiri acara khanduri apam yg diselenggarakan di sekolah sekolah dalam kabupaten Pidie, Selasa (23/02/2021).

Khanduri Apam merupakan tradisi adat Aceh yang sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat dalam memasuki bulan Rajab. Biasanya Khanduri ini dilakukan di tempat-tempat umum, namun tahun ini dengan berbagai pertimbangan dilakukan di sekolah-sekolah di Pidie.

Saat dilokasi, Dandim 0102/Pidie menyampaikan terima kasih atas undangan pada acara adat khanduri Apam tersebut.Menurut Dandim Khanduri apam adalah tadisi, adat masyarakat Aceh tempo dulu, yang harus dilestarikan dan terus dihidupkan di tengah era modern saat ini.

Meneruskan tradisi ini juga sebagai upaya pelestarian budaya dan kearifan lokal yang sarat muatan sejarah agar tak lekang oleh waktu.Adat tradisional ini telah membudaya dan menjadi agenda rutin di kabupaten Pidie, ucap Dandim.

Lanjut Dandim, kegiatan ini perlu kita lestarikan, sesuai dengan pepatah aceh yang mengatakan “Gadoh Adat Pat Tamita” yang artinya, “hilang adat dimana kita cari”. Kalau adat orang Aceh itu sendiri sudah hilang dari kehidupan dalam bermasyarakat, dimana kita dapat menemukannya lagi, ujarnya.

Dandim juga menghimbau kepada sekolah- sekolah agar dalam semua kegiatan untuk tetap menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini,tutup Dandim.

Untuk diketahui, khanduri apam dilaksanakan serentak di 226 TK, 278 SD dan 64 SMP dalam Kabupaten Pidie, Prov.Aceh.Seperti halnya dilakukan Dandim, Wabup Pidie, Kadisdikbud serta pejabat lainnya juga ikut meninjau pelaksanaan khanduri apam disejumlah sekolah yang tersebar dibeberapa kecamatan dalam Kab.Pidie.

Bahkan sejumlah Kadis terkait dari Kab.Bireun, Aceh Utara, A.Besar, Kota Banda Aceh dan Kadisbudpar Provinsi Aceh juga ikut meninjau pelaksanaan khanduri apam ini. [As]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.