Brimob Aceh Jaya dan Tim Gabungan Bekerja Sama Memadamkan Karhutla di Desa Lueng Gayo

MEDIAANDALAS.COM,ACEH JAYA – Personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Aceh bersama TNI Koramil 06 Teunom Kodim 0114/Aceh Jaya, Polres Aceh Jaya, Polsek Teunom, BPBK Aceh Jaya dan Masyarakat Desa Lueng Gayo melaksanakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan sekitar 2 Hektar di Lahan Gambut Desa Lueng Gayo Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya.Selasa(7/9/2021)

Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor Iptu Hamdani SE, mengatakan Kejadian kebakaran hutan dan lahan ini didapatkan dari aplikasi lancang kuning dan Informasi dari Kewilayahan Setelah mendapatkan informasi tersebut personel Kompi 4 Batalyon A Pelopor langsung menuju lokasi kebakaran untuk memadamkan titik api tersebut.

Sesampai dititik api personel dibantu TNI dari Koramil 06 Teunom, Polres Aceh Jaya, Polsek Teunom, BPBK Aceh Jaya dan Masyarakat Desa Lueng Gayo untuk memadamkan api, untuk sementara titik api sudah berhasil dipadamkan namun masih ada yang menyala tetapi sudah berhasil dikendalikan dengan memotong akses titik api. Saat proses pemadaman api kami menggunakan mesin pompa air dari BPBK Aceh Jaya dan alat seadaanya karena mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk sebab tidak adanya akses Jalan menuju lokasi kebakaran tersebut.

Dalam kesempatan ini Komandan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Aceh Kompol Tasmin, S.H., M.H. melalui Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor Iptu Hamdani, S.E. menghimbau kepada masyarakat setempat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, mari kita bersama-sama mencegah pembakaran hutan dan lahan. Sebab, karhutla bisa berdampak pada gangguan kesehatan, seperti infeksi saluran pernapasan akut, serta menimbulkan kabut asap, disamping itu juga mengingatkan kembali bahwa ada ancaman pidana bagi pembakar hutan dan lahan.[Marzuki]

Author: Marzuki