Babinsa Serda Taufik Dampingi Petani Dalam Pemupukan Tanaman Padi

MEDIAANDALAS.COM,ACEH BESAR – Kegiatan pendampingan ketahanan pangan yang dilakukan para Babinsa Kodim 0101/BS hingga kini masih berlangsung tidak terkecuali Babinsa Koramil 04/Lhoong Serda Taufik yang melakukan pendampingan pemupukan tanaman padi di lahan seluas 1,9 hektar milik bapak Amran Agusni, Poktan Usaha Makmur, Desa Lamjuhang Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (07/01/2020).

Pemupukan ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi tanah, meningkatkan kesuburan tanaman, memberikan nutrisi untuk tanaman, dan memperbaiki kulaitas serta kuantitas tanaman. Pemupukan ini sangat berperan dalam menentukan keberhasilan produksi tanaman padi.

Selain itu, pemupukan yang dilakukan pada fase perawatan tanaman padi merupakan langkah proaktif dalam mengantisipasi serangan hama atau penyakit pada tanaman padi. Idealnya para petani melaksanakan pemupukan ini secara serentak guna penanggulangan hama padi bisa berjalan efektif.

Menurut Serda Taufik, sebagian besar para petani sudah memahami mengenai pemupukan tanaman padi yang tepat termasuk ukuran atau dosis takarannya serta waktu yang tepat sesuai fase-fasenya, mulai padi berumur satu minggu, dua puluh hari hingga padi berumur satu bulan.

Namun tentunya cara penggunaan pupuk yang benar dan tepat juga harus dipahami sehingga tanaman padi dapat menerima nutrisi dari pupuk secara maksimal. Sebaliknya bila tidak tepat dalam penggunaan pupuk, maka akan menyebabkan timbulnya hama atau penyakit.

“Untuk itu diharapkan para petani tidak sungkan untuk meminta arahan kepada PPL setempat, dan Babinsa akan selalu melakukan pendampingan terhadap petani mulai pengolahan lahan hingga masa panen”, ungkapnya.[Marzuki]

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.