Babinsa Dampingi Petani Dalam Pembudidayaan Bayam

MEDIAANDALAS.COM,SIGLI – Babinsa Koramil 05 /Indra Jaya,Kodim 0102/Pidie Kopda Agus Muliono melaksanakan kegiatan membantu petani membersihkan dan penyiraman lahan Budidaya tanaman Bayam di Gampong Dayah Caleu,Kecamatan Indra Jaya, Pidie, Prov.Aceh, Sabtu (20/02/2021).

Pembersihan dan penyiraman tersebut dilakukan Babinsa dengan pemilik lahan secara rutin guna menjaga agar tanaman tumbuh subur, serta bertujuan untuk mensukseskan swasembada pangan di wilayah Kecamatan Indra Jaya. 

Menurut Kopda Agus Muliono, perawatan yang paling penting dalam budidaya bayam adalah pengaturan air, terutama saat awal benih ditebar. Lakukan penyiraman dua kali sehari saat musim kemarau, jaga selalu kelembaban tanah hingga bayam berkecambah.

“Penyiraman yang rutin dan pembersihan dari gulma pengganggu dapat mengoptimalkan dalam pertumbuhan Bayam agar tumbuh subur,” ucap Kopda Agus. 

Sementara itu Danramil 05/Indra Jaya Kapten inf Jais Harpen menyampaikan bahwa salah satu Tupoksi Babinsa di gampong adalah mendampingi dan membantu mengatasi segala kendala-kendala yang dihadapi oleh petani di lapangan. 

“Keberadaan Babinsa harus bisa membantu menyalurkan Aspirasi para petani ke pihak terkait untuk mencari solusi atas permasalahan atau keluhan petani. Misalnya dengan ikut serta melakukan pendampingan bagi para petani,” ujar Danramil.[As]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.