Babinsa Bersama Petani Bersihkan Gulma Tanaman Padi

MEDIAANDALAS.COM,KUTACANE – Guna mensukseskan program swasembada pangan Nasional, Koptu Hendri Babinsa Posramil Lawe Sumur jajaran Kodim 0108/Agara, melaksanakan kegiatan pendampingan petani membantu membersihkan gulma disela-sela tanaman padi bibit benih IF-32 milik Hanifah (47) seluas 0.27 Ha, di Desa Lawe Sumur Baru Kecamatan Lawe Sumur Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa (16/03/21).

Disela-sela waktu, Koptu Hendri menuturkan, pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman padi merupakan bagian dari perawatan tanaman padi. Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman induk (padi) terlebih pada masa pertumbuhan hingga pematangan”, ujarnya.

Lanjut Babinsa,“Gulma ini harus dibasmi, bila tidak akan mengakibatkan tanaman padi menjadi kerdil, karena adanya kekurangan unsur hara, air dan cahaya bahkan menghambat perkembangan pertumbuhan tanaman padi yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen.
“Disini, pentingnya perawatan dan pemantauan tanaman padi untuk mengetahui lebih awal apabila ada gulma ataupun tanaman yang tumbuh dekat padi, secepat mungkin gulma tersebut segera diatasi,” ungkap Babinsa.

Hanifah (47) petani, mengucapkan terima kasih atas bantuan Babinsa untuk meringankan kerjaan para petani yang ada di Desa Lawe Sumur Baru, semoga hasil panen padi kedepannya lebih optimal”, tandasnya.[Marzuki]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.