Asisten III Setdakab Pidie Buka Acara Rakor Turun ke Sawah Musim Tanam 2021/2022

MEDIAANDALAS.COM,SIGLI – Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setdakab Pidie, Drs. Sayuti, MM membuka acara Rapat Koordinasi Turun ke Sawah Musim Tanam (MT) Rendengan 2021/2022 di Gedung PCC Sigli, Rabu, (15/09/2021).

Dalam sambutannya Asisten III menyampaikan, dengan terlaksananya rakor ini ia berharap dapat melahirkan solusi sebagai acuan bagi para petani, serta dapat memantapkan langkah-langkah dan jadwal yang tepat untuk pelaksanaan turun ke sawah musim rendengan tahun 2021/2022.

“Berdasarkan pengalaman beberapa tahun yang lalu sebagian besar tanaman padi terjadi Puso (gagal panen) akibat kurangnya ketersediaan air.” ujarnya.

“Oleh karena itu, untuk menghadapi pelaksanaan musim tanam rendengan tahun 2021/2021 perlu dilakukannya pemetaan wilayah, sehingga fokus lokasi tanaman padi berdasarkan daerah yang memiliki ketersediaan debit air dan infrastruktur jaringan irigasi yang optimal,: sambungnya.

Ia juga menambahkan, untuk daerah-daerah yang tidak didukung ketersediaan air, dapat dialihkan penanaman paliwijaya dan holtikultura, karena menurutnya komoditi ini juga menjanjikan keuntungan besar bagi para petani.

Sementara, Kadis Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh Ir. Cut Huzaimah, MP menyampaikan, bahwa pandemi yang sedang terjadi saat ini tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan namun juga berdampak pada aspek ekonomi dan pertanian. 

Maka dari itu, Ibu Cut Huzaimah menyampaikan bahwa pemerintah melalui presiden telah meminta kepada seluruh pemerintah daerah untuk menjaga kestabilan dan ketahanan pangan di daerah masing-masing.

“Dengan terlaksananya rapat ini, kita harapkan semoga mampu menstabilkan ekonomi di masyarakat dengan menghasilkan pangan yang berkualitas,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa program ini telah mampu meningkatkan produksi pangan Aceh pada tahun 2020 dengan ranking ke-8 dari seluruh Indonesia.

Hadir juga dalam rakor yang dipandu oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Pidie, Hasballah, selain Kadistanpan Pidie Sofyan Ahmad, yaitu Plt Kadis PUPR Pidie Buchari, Kabid SDA PUPR Darwinsyah, mewakili PT. PIM dan Petrokimia, unsur Forkopincam se- Kabupaten Pidie, Keujruen Chik serta para penyuluh pertanian.[As]

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.