Anggota Kodim 0102/Pidie Padamkan Api Di Lahan Wilayah Perbukitan Pd.Tiji

MEDIAANDALAS.COM,SIGLI – Titik Api kembali terdeteksi melalui aplikasi Hotspot. Titik api yang terdeksi sekira pukul 16.30 wib tersebut berada diwilayah perbukitan Gampong Jurong Anoe Paloh Gle Mon Cot Dara Baro, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Provinsi Aceh, Selasa (07/09/2021) malam.

Lahan kosong yang diketahui milik M. Nur tersebut sudah hangus terbakar seluas lebih 2 hektar, menurut informasi yang diperoleh lahan tersebut direncanakan untuk membuka perkebunan Cabai.

Dari informasi telah terjadi kebakaran lahan, Bati Tuud Koramil 02/Padang Tiji Kodim 0102/Pidie, Pelda Marzuki berkoordinasi dengan Polsek Padang Tiji untuk menuju lokasi titik api. Medan yang sulit dilalui kendaraan roda dua dan lokasi yang jauh, mengakibatkan perjalanan menuju lokasi titik api menjadi terhambat.

Setibanya dilokasi, Personil Koramil 02/Padang Tiji dan Anggota Polsek Padang Tiji dibantu Masyarakat setempat langsung melakukan pemadaman api dari sisa pembakaran yang direncanakan untuk membuka lahan perkebunan Cabai tersebut.

Sekira pukul 18.15 WIB, titik api berhasil dipadamkan. Untuk kasus tersebut saat ini tengah ditangani oleh Polsek Padang Tiji, ujar Bati Tuud.

Ditempat terpisah, Dandim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sonatha,S.E.,M.I.P, dikonfirmasi media ini membenarkan informasi tersebut, dirinya mengatakan, perlu adanya tindakan tegas dari penegak Hukum diwilayah Kabupaten Pidie, terkait pembakaran lahan kosong yang dilakukan oleh masyarakat saat membuka lahan perkebunan, agar menimbulkan efek jera bagi para pelaku pembakaran Hutan dan Lahan, sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi.” tegasnya.

Dandim juga menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan perkebunan, karena dapat beresiko dan menyebabkan terjadinya kebakaran hutan yang dapat merugikan masyarakat banyak, ungkapnya.[As]

Author: Marzuki