54 Kepala SD di Pidie Dengan Kinerja Berbasis 8 SNP Dapat Penghargaan

MEDIAANDALAS.COM,SIGLI – 54 Kepala Sekolah Dasar dari sembilan wilayah, di lingkungan Disdik Pidie, mendapatkan penghargaan berupa piala dan sertifikat dari Pemkab Pidie. Penilaian tersebut berdasarkan kinerja berbasis 8 Standar Nasional Pendidikan + 2 Standar Khusus.

Dari 54 Kepsek yang mendapatkan penghargaan, Kepala SDN 1 Sigli peroleh nilai tertinggi, dan ditetapkan sebagai juara umum Kepala SD berkinerja terbaik Standar Nasional Pendidikan 2020, Kabupaten Pidie.

Kadis Pendidikan Pidie,Drs.Ridwandi kepada Media Andalas, mengatakan, kegiatan ini diadakan setiap tahunnya, untuk tingkat TK/SMP/SD setingkat.Kamis(21/1/2021)

Kegitan ini, lanjutnya juga untuk melihat kinerja para Kepsek,sejauh mana penerapan Manajemen Berbasis sekolah (MBS) di tempatnya bertugas, karena dalam penerapan MBS haruslah terpenuhi
8 SNP + 2 Standar Khusus.

Dijelaskannya, 8 SNP dimaksud meliputi, Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan.

Kemudian, kata Ridwandi ada 2 (dua) lagi tambahan kriteria yang masuk penilaian, selain standar nasional, merupakan standar khusus, yaitu Standar Kepribadian dan Standar Tingkat Sosial seorang Kepsek.Jadi itulah yang menjadi acuan penilaian prestasi seorang Kepsek.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya ditentukan dari prestasi yang dicapai oleh pengelola manajemen sekolah itu sendiri, jadi ajang ini sendiri sebagai raport penilaian kinerja kepala sekolah selama tahun 2020 dalam mengelola dan upaya mereka untuk meningkatkan mutu pendidikan”, ungkap Ridwandi.

“Ajang ini akan diadakan setiap tahun, sesuai Visi dan Misi bapak Bupati serta Wakil Bupati untuk meningkatan SDM yang unggul berkualitas”,sebut Ridwandi.

“Kita lihat antusiasnya setiap sekolah dalam berbenah, mereka ingin menunjukkan prestasi terbaik sekolah masing-masing, ini sungguh suatu yang membanggakan”.

“Kita berharap kedepannya mutu pendidikan kita lebih meningkat, dengan demikian akan berpengaruh pada ketersedian SDM berkualitas dimasa akan datang, sesuai harapan bapak Bupati serta Wakil Bupati dalam Visi dan Misi nya”, tuntas Kadisdik Pidie, Ridwandi.

Kegiatan penilaian Kepala SD berprestasi berbasis 8 SNP + 2 kriteria khusus, berlangsung di SMP unggul Swiss, Sigli, turut dihadiri oleh Bupati Pidie, Roni Ahmad,S.E, Wabup Fadhlullah TM Daud,ST, Sekda H.Idhami,S.Sos,M.Si,Ketua MPD Pidie Drs.H. Bukhari Thahir, M.Pd, dan pejabat lingkup Disdik serta para Kepala SD berprestasi se Kab.Pidie,Prov.Aceh.

Adapun juara umum yaitu Kepala SDN 1 Sigli, Hj. Ratnawati,S.Pd. Didampingi oleh pengawas SD Wilayah III Kota Sigli,Dra.Juwairiah, M.Pd, menerima piala bergilir dan sertifikat penghargaan, yang diserahkan oleh Bupati Pidie, Roni Ahmad,SE. [As]

Marzuki

Author: Marzuki

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.