17 November 1770 Ditetapkan Sebagai Berdirinya Tiyuh Penumagan, Hari ini Peringati HUT Ke-249

17 November 1770 Ditetapkan Sebagai Berdinya Tiyuh Penumagan, Hari ini Peringati HUT Ke-249

17 November 1770 Ditetapkan Sebagai Berdirinya Tiyuh Penumagan, Hari ini Peringati HUT Ke-249

MEDIAANDALAS.COM, TUBABA – Dalam Rangka memperingti Hari Ulang Tahun (HUT) Tiyuh Penumangan Ke-249 yang jatuh Pada tanggal 17 November 2019 ternyata merupakan HUT yang pertama kali dilaksanakan di masa kepemimpinan Kepala Tiyuh Penumangan Samsudin Ratu Sangon.

17 November 1770 Ditetapkan Sebagai Berdinya Tiyuh Penumagan, Hari ini Peringati HUT Ke-249
17 November 1770 Ditetapkan Sebagai Berdinya Tiyuh Penumagan, Hari ini Peringati HUT Ke-249. [Basuni].

Diketahui, bahwa baru di adakan nya HUT Tiyuh Penumangan di karenakan baru adanya penetapan tahun lalu, hal tersebut diketahui atas penelusuran Pihak Aparatur Tiyuh serta Tokoh Adat dan Pemuda, didapatkan penjelasan dari Tetua Adat Marga Tegamo’an Lampung Herman, SP. Bahwa Tiyuh Penumangan tersebut berdirinya Pada tanggal 17 November 1770.

HUT Ke-249 Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulang Bawang Tengah
HUT Ke-249 Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulang Bawang Tengah. [Basuni].

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-249 Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) di selengarakan di Sesat Adat/Balai Tiyuh Penumangan. Minggu (17/11/19)

Dalam peringatan HUT Tiyuh Penumangan dihadiri, Tokoh Kepala Marga Tegamo’an, Herman SP. Tokoh masyarakat, Tokoh Agama serta di Meriahkan Oleh Sanggar Tumang Rajo, Klasik Lampung, Rebana PKK, Sanggar Ragem Berhimpun, serta Penampilan Siswa-Siswi SDN 01 dan SDN 02 Tiyuh setempat.

Pentas seni dalam acara HUT Ke-249 Tiyuh Penumangan
Pentas seni dalam acara HUT Ke-249 Tiyuh Penumangan. [Basuni].

Kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat Tiyuh Penumangan karena HUT tersebut merupakan baru yang pertama kali di laksanakan meskipun sederhana tetapi masyarakat penuh antusias menyaksikan.

Kepala Tiyuh Penumangan Samsudin, dalam sambutan nya mengatakan bahwa hari ini kita tetapkan dan peringati setiap tanggal 17 November merupakan Hari Ulang Tahun Tiyuh Penumangan, dalam usia yang ke-249 ini bukanlah waktu yang singkat artinya Tiyuh Penumangan sudah melewati proses yang panjang.

Pentas seni dalam acara HUT Ke-249 Tiyuh Penumangan
Pentas seni dalam acara HUT Ke-249 Tiyuh Penumangan. [Basuni].

Semoga dengan di tetapkan nya 17 November sebagai hari ulang tahun (HUT) Tiyuh Penumangan, masyarakat tidak melupakan sejarah, budaya serta para pahlawan kita yang sudah gugur memperjuangkan Tiyuh Penumangan dan Indonesia.

Serta bersama-sama memajukan Tiyuh penumangan yang kita cintai ini, mari kita bersinergi dan bersatu untuk memajukan Tiyuh Penumangan milik gham jejamo.

Dalam kesempatan itupun, Secara simbolis dilakukan pemotongan nasi tumpeng yang di lakukan Tokoh Kepala Marga Tegamo’an, Herman SP dan di serahkan ke Kepala Tiyuh Samsudin atas penetapan 17 November merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Tiyuh Penumangan ke-249. [Basuni].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.