Tari Ranup Lampuan Anak Sekumur Buat Penonton Kagum

Tari Ranup Lampuan Anak Sekumur Buat Penonton Kagum

Tari Ranup Lampuan Anak Sekumur Buat Penonton Kagum

MEDIAANDALAS, COM, ACEH TAMIANG –  Tarian Ranup Lampuan yang ditampilkan oleh anak anak dari Desa Sekumur Kecamatan Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh tampil memukau pada acara adat pernikahan masyarakat di Kota Kuala Simpang.

Anak anak usia 6-8 tahun ini yang tampil serasi dan kompak dalam semua gerakan selalu mendapat perhatian khusus dari penonton dimana saja tampil, demikian tutur Siti Aisyah selaku Pimpinan Sanggar.

“Setiap tarian yang ditampilkan selalu mendapat dukungan tepuk sorak kegembiraan dari penonton, yang lebih utama anak – anak maupun orang dewasa pada acara pesta adat perkawinan di dalam Kota Kuala Simpang Ibukota Kabupaten Aceh Tamiang ini adalah disamping membuat anak – anak menjadi ceria dan juga orang dewasa menjadi kagum dalam penampilan tarian tersebut,” tutur Siti Aisyah selaku penata tari.

Pimpinan Sanggar Siti Aisyah lebih lanjut mengatakan bahwa “Kesannya makna historis dan subtantif yang melekat pada anak – anak dalam upaya menanamkan nilai harmoni dan diharapkan pada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dapat memberi perhatian lebih terhadap peran budaya yang dimulai dari anak – anak usia dini, terutama seperti tarian khas Aceh seperti Tarian Ranup Lampuan.”

“Tarian ini perlu sangat untuk di kembangkan mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten terus Provinsi sampai keluar negeri karena khasnya itu merupakan salah satu tarian yang selalu ditampilkan dalam penyambutan tamu bagi pemerintah di Aceh,” ucapnya. [Dedy Sitompul].

Media Andalas

Author: Media Andalas

Aksi Saran & Informasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.