Tokoh Budayawan Sunda Abah Anton Charliyan Hadiri Milad ke 5 Laskar Agung Macan Ali di Cirebon

Abah Anton Mantan Kapolda Jabar: Laskar Agung Macan Ali akan jadi garda terdepan rangka bentengi budaya, kerukunan agama dan nasionalisme

MEDIAANDALAS.COM, KOTA CIREBON – Bertempat di GOR Cirebon Laskar Agung Macan Ali (LMA) menggelar Munas dan Kirab Akbar dalam rangka Miladnya yang ke 5. Sabtu (16/10/21).

Mantan Kapolda Jabar yang sekarang lebih dikenal sebagai Tokoh Sunda Jawa Barat, Abah Anton Charliyan yang juga sebagai Sentana Agung atau Ketua Dewan Pembina di Laskar Agung Macan Ali (LMA) dalam sambutanya menyatakan bahwa “Komunitas Laskar Agung Macan Ali selaras dengan apa yang disampaikan Panglima tingginya, Raden Mamo Prabu Diaz, telah berkembang ke seluruh Nusantara, bahkan ke Manca Negara, Asia, Afrika, Eropa yang anggotanya dalam 5 tahun terakhir ini telah mencapai jumlah sekitar 980.000 orang hampir mendekati 1 juta orang.”

LMA lahir seiring dengan Penaklukan Batavia, Faletehan Pangeran Jayakarta diabad ke 16. Sebagai Laskar Pasukan khusus yang berhasil mengusir kekuatan asing Portugis 22 Juni 1527 M, dan mejadikan Sunda Kelapa sebagai Jayakarta atau Jakarta sekarang ini.

Semangat Nasionalisme yang tetap mengedepankan marwah nilai-nilai religius dan nilai-nilai budaya leluhur inilah yang menjadi cikal bakal spirit didirikannya Laskar Agung Macan Ali (LMA) di Kota Cirebon, yang juga sebagai kota Kelahiran Laskar Agung Macan Ali tempo dulu, yang langsung dibentuk oleh Kanjeng Sinuhun Sunan Gunung Jati Syech Syarif Hidayatullah.

Maka Abah Anton, yang juga mantan Kadiv Humas Polri dalam keterangan persnya lebih lanjut menekankan bahwa siapapun yang coba-coba menganggu nilai-nilai luhur budaya Bangsa, kerukunan umat beragama , intoleransi, radikalisme dan pemecah belah faham Nasionalisme dalam bingkai NKRI yang ber Bhineka Tunggal Ika, akan berhadapan langsung dengan Laskar Agung Macan Ali (LMA) di manapun berada.

“Tekad bulat Laskar Agung Macan Ali (LMA) di seluruh Nusantara akan senantiasa siap membela NKRI sampai titik darah penghabisan.” Tegas Abah Anton.

Hadir dalam acara Milad tersebut, Dankor Marinir diwakili Kol Haris, Kapolresta Cirebon Kota, Garnisun Cirebon, Sultan Kacirebonan Raden Abdul Gani, Habib Alwi Purwakarta, KH. Ishak Ponpes Buntet, Kajari, Bank BJB , Dirlog Pelabuhan Tanjung Priok Mukri, Basarnas, PKPPI, Ansor, Banser dan lain-lain.

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Cirebon memberikan sambutan dengan mengucapkan terima kasih kepada Laskar Agung Macan Ali (LMA) yang selama ini ikut aktif membantu terpeliharanya Kamtibmas, serta kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan seperti pembagian sembako, santunan anak yatim dan lain-lain.

Kegiatan tersebut menurut Abah Anton dilaksanakan secara mandiri swadaya sendiri di seluruh Cirebon Raya, dan yang lebih membanggakan lagi Laskar Agung Macan Ali (LMA) ini juga senantiasa ikut aktif dalam rangka pencegahan Covid-19.

Hal ini terbukti dengan membantu percepatan pemerataan vaksinasi, dimana Kota Cirebon sudah berhasil masuk PPKM Level 2, dengan prestasi vaksinasi mencapai angka 59 %.

Tokoh Budayawan Sunda Abah Anton Charliyan Hadiri Milad ke 5 Laskar Agung Macan Ali di Cirebon
Tokoh Budayawan Sunda Abah Anton Charliyan Hadiri Milad ke 5 Laskar Agung Macan Ali di Cirebon

“Semoga di Milad ke 5 ini, Laskar Agung Macan Ali (LMA) bisa menjadi salah satu komunitas yang tetap konsisten membantu, pemerintah, Bangsa dan Negara dalam melawan faham Intoleransi radikalisme dan juga komunisme, yang akan mengancam keutuhan NKRI.” Terang Abah Anton.

“Tetap bisa menjaga marwah budaya leluhur dan faham Nasionalisme. Selamat dan semoga senantiasa tetap sukses untuk Laskar Agung Macan Ali (LMA) di Miladnya ke 5 ini, Aamiin ya rabbal alamin.” Pungkas Abah Anton. [Eka].

Author: Eka Himawan

Life For Nothing Or Die For Something